JAKARTA.- Mencermati kasus Covid-19 varian Omicron yang terus meningkat. Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta lakukan penyemprotan disinfektan dan Rapid test Antingen bagi para pegawai, Senin (31/1/22).

Kepala Lapas Cipinang Tonny Nainggolan mengungkapkan, kegiatan tersebut dilakukan upaya preventif dengan melakukan penyemprotan cairan desinfektan pada area layanan publik, ruang kerja pegawai dan area blok hunian warga binaan Lapas Kelas I Cipinang.

“Ini sekaligus menindaklanjuti arahan Bapak Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Komjen Pol Andap Budi Revianto terkait pelonjakan kasus covid-19 varian Omicron,” ungkapnya melalui keterangan tertulis, Selasa (1/2/22).

Dijelaskan Tonny, bahwa penyemprotan disinfektan dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari secara rutin di area publik di lingkungan Lapas Kelas I Cipinang.

“Dalam mencegah kemungkinan penyebaran virus covid-19, kita perlu secara rutin mensterilkan area-area yang digunakan publik tersebut agar tetap bersih dan terhindar dari virus,” jelas Tonny.

“Kita tidak akan tahu darimana datangnya virus tersebut, tetapi kita harus selalu waspada dan rutin menerapkan protokol kesehatan khususnya di lingkungan Lapas Kelas I Cipinang,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala KPLP Sukarno Ali menuturkan, Lapas Kelas I Cipinang juga melakukan rapid test antigen bagi jajaran pegawai. Secara bertahap, dimulai dari jajaran regu dan staf pengamanan. Pelaksanaan rapid test antigen ini sebagai upaya penerapan 3T (Tracing, Testing dan Treatment).

“Sebagai garda terdepan pengamanan, yang kerap berinteraksi dengan warga binaan, jajaran pengamanan dan jajaran pegawai lainnya perlu diutamakan kondisi kesehatannya dan dipastikan jangan sampai terindikasi covid-19. Hal ini diharapkan agar tidak terjadi penyebaran covid-19 didalam lapas, yang nantinya bisa berimbas bagi warga binaan,” tuturnya.

Sukarno Ali juga menghimbau kepada seluruh jajaran pengamanan dan warga binaan untuk senantiasa menerapkan 6M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas dan Menghindari makan bersama).

(Kris)