JAKARTA.- Kementerian Agama pusat memberlakukan tugas kedinasan dari rumah (work from home/WFH) untuk seluruh pegawainya selama sepekan ke depan. Kemenag juga akan melakukan vaksinasi dosis ke-3 atau booster untuk para pegawainya.

Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran Sekjen No 5 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Dekontaminasi Pegawai Kementerian Agama. SE ini ditandatangani Sekjen Kemenag Nizar tertanggal 2 Februari 2022.

Edaran ditujukan kepada seluruh pimpinan Unit Eselon I Kemenag pusat, para Staf Ahli dan Staf Khusus, serta para Kepala Biro dan Kepala Pusat pada Sekretariat Jenderal Kementerian Agama.

“Untuk mencegah peningkatan kasus positif Covid-19 yang disebabkan varian Omicron pada kantor Kementerian Agama pusat dan untuk mengembalikan imunitas pegawai Kementerian Agama pusat, perlu dilakukan dekontaminasi gedung dan vaksinasi dosis ke-3 bagi pegawai Kementerian Agama,” tegas Nizar di Jakarta, Kamis (3/2/2022).

“Edaran diterbitkan untuk mengatur pelaksanaan dekontaminasi gedung dan vaksinasi dosis ke-3 bagi pegawai Kemenag pusat,” sambungnya.

Menurut Nizar, dekontaminasi gedung akan dilaksanakan dari 3 – 9 Februari 2022. Selama proses dekontaminasi, seluruh pegawai Kemenag pusat melakukan penyesuaian sistem kerja  secara work from home/WFH.

“Mulai 10 Februari 2022, setiap Unit Kerja Eselon I menerapkan sistem kerja pegawai Work From Office (WFO) sebanyak 25% dan WFH sebanyak 75% sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut,” tuturnya.

“Setiap pegawai agar melakukan perekaman kehadiran dan mengisi laporan catatan kinerja harian secara online pada https://ropeg.kemenag.go.id/apps/presensi,” lanjutnya.

Pegawai yang masuk kantor setelah WFH 100%, kata Nizar, harus dipastikan terbebas dari Covid-19. Mereka harus membawa bukti hasil PCR negatif maksimal 1 x 24 jam. “Dalam edaran sudah diatur bahwa setiap unit kerja eselon I, harus memfasilitasi seluruh pegawai untuk melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) sebelum masuk kantor dan hasilnya harus negatif,” tegasnya.

Untuk vaksinasi dosis ke-3 (booster), Nizar mengatakan bahwa itu akan dilaksanakan pada 14 – 23 Februari 2022 di Gedung Kemenag Jl MH Thamrin No 6 Jakarta Pusat, mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai. (Red)