Pertemuan optimalisasi pemenuhan standar pelayanan minimal(SPM) terkait layanan TBC. Kris

KOTA CIREBON.- Capaian Rencana Aksi Daerah (RAD) Tahun 2017 hingga 2022 dalam pelayanan Tuberkulosis (TBC) di Kota Cirebon cukup memuaskan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, dr. Siti Maria Listiawaty mengungkapkan, penemuan kasus pada periode sampai Oktober 2022 mencapai 1.772 kasus dengan asumsi 137 persen. Sedangkan kuratif rate ataupun sukses rate baru 57 persen.

“Untuk penjaringan kasus kami sudah memenuhi standar bahkan lebih dari standar daripada target yang kita duga bahwa ini akan terjadi jumlah kasus TBC di Kota Cirebon,” ujarnya, Jum’at (2/12/22).

Sedangkan untuk kasus pada TB RO sebanyak 230 orang. Adapun tingkat kesembuhan 57 persen secara menyeluruh.

“Dari 230 sebanyak 19 orang warga Kota Cirebon dan sisanya orang luar yang berobat di pelayanan kesehatan Kota Cirebon,” terangnya.

Ia mengakui, dari hasil evaluasi yang sudah dilakukan seluruh jajaran termasuk juga adalah distrik public private mix untuk TBC ini ada beberapa hal belum mencapai capaian yang sesuai dengan standar.

“Salahsatunya angka kesembuhan atau kuratif rate. Jadi kuratif rate termasuk juga dengan terapi pencegahan untuk masyarakat kita yang terkena TBC itu pendamping hidupnya atau keluarganya satu rumah perlu di proteksi dan dilindungi agar tidak tertular,” pungkasnya.

Ia berharap, di RAD 2022-2027 akan mencapai target seiring dengan banyaknya dukungan nyata dari semua pihak. (Kris)