Bupati Bungo Himbau Seluruh ASN Taat Bayar Zakat Pada Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Zakat

0
41

BUNGO – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bungo, Selasa (30-06-2020) menggelar sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 18 Tahun 2019 tentang pengelolaan zakat.

sosialisasi itu menyasar para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah(OPD) dan Bagian Keuangan setiap OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Bungo.

Dalam pembukaan sosialisasi di ruang Polla Kantor Bupati Bungo ini juga dihadiri Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Aprianto. Para perwakilan unsure forkopimda, para asisten, para pengurus Baznas Kabupaten Bungo dan puluhan peserta dari berbagai instansi.

Ketua Baznas Kabupaten Bungo H.Duminis dalam kesempatan ini menyampaikan laporan terkait keuangan dan penyaluran zakat selama ini. Sekaligus berharap dukungan dari semua pihak terutama kepada para pejabat daerah untuk member motivasi kepada semua PNS membayar zakat ke Baznas Kabupaten Bungo.

Bupati H Mashuri dalam sambutannya sekaligus saat memberi materi juga member motovasi dan meminta semua pihak untuk taat mebayar zakat. Menurut Bupati zakat adalah kewajiban. Akan banyak sekali manfaat bagi kehidupan bermasyarakat jika semua pihak taat mebayar zakat.

Perintahnya kata Bupati tidak hanya melalui perbup. Tetapi banyak sekali perintah membayar zakat bagi umat muslim di dalam Al-Qur’an. Sebab, zakat adalah termasuk salah satu rukun Islam.

Dari 114 surat, ada 19 surat yang didalama ada perintah zakat,” ulasnya yang menyebutkan bagi PNS hanya dituntut 2,5 persen saja dari gaji. Sementara penerimaan lain tidak dipotong. “Zakat berkaitan dengan banyak hal. Tak hanya soal hubungan manusia juga masalah hubungan dengan Tuhan,” kata Bupati

(Rena)