Bupati Badung Resmikan PSN Se-Kecamatan Badung

0
335

BALI, INAPOS – Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, mengukuhkan Pengurus Koordinator Lapangan “Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN)” Kecamatan se-Kabupaten Badung masa bakti tahun 2019- 2024.

“Melalui kegiatan ini saya juga berharap Pinandita (rohaniawan Hindu) ikut meringankan beban umat Hindu dalam bidang spiritual, seperti memberikan pemahaman di dalam melaksanakan upacara yang ‘patut’ berdasarkan sastra,” ujar Bupati Giri Prasta, di ruang Kertha Gosana, Pusat Pemeritahan Kabupaten Badung, Rabu (27/2/2019).

Menurutnya, perkembangan agama Hindu di Indonesia yang semakin pesat perlu mendapat penanganan dari pemuka agama atau rohaniawan sebagai tenaga-tenaga ahli yang membidangi, baik itu menyangkut upacara maupun upakaranya.

Pada hakekatnya pembentukan PSN ini agar lebih dari sekedar hanya sebatas Paguyuban saja, namun hal ini juga dipandang sebagai menyamakan persepsi para Pinandita dalam menghadapi serta menyikapi tantangan perkembangan jaman dalam era globalisasi,” kata Drs Nyoman Sarjana, M.Ikom., Ketua Parisada Hindu Dharma Kuta.

Seperti diketahui, Gerak langkah PSN akan saling berkaitan satu sama lain di berbagai wilayah Indonesia bahkan di seluruh dunia, sehingga Pinandita dituntut memiliki pengabdian dan kinerja yang mumpuni demi kemajuan perkembangan Hindu di muka bumi ini.

“Dengan dibentuknya PSN bertujuan untuk dapat terciptanya keselarasan langkah diantara para Pinandita (Pemangku Adat) terkait tata cara upakara dan yadnya budaya sesama pinandita atau Sang Eka Jati di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia yang tergabung dalam The World Hindu Parisad,” terang Sarjana.

Sarjana memberikan apresiasinya kepada Bupati Badung Giri Prasta yang telah memfasilitasi dilakukannya penandatanganan MoU antara Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Badung dengan PSN Korda Badung terkait kemitraan peningkatan kompetensi Pemangku atau pemuka agama Hindu. (red)