Bupati Kuningan Acep Purnama saat pimpin apel. Kris

KUNINGAN.- Kabupaten Kuningan telah ditetapkan bersama 50 Kabupaten/Kota lainnya, terpilih pada seleksi gerakan menuju Kota Cerdas (Smart City), berdasarkan hasil asesmen dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Hal demikian disampaikan Bupati Kuningan H. Acep Purnama dalam amanatnya saat apel pagi di Halaman Setda Kabupaten Kuningan, Senin (19/9/22).

Bupati Acep mengatakan, selanjutnya akan dilakukan penandatanganan komitmen bersama dalam menciptakan Kota Cerdas, yang merupakan pekerjaan yang sangat kompleks, proses jangka panjang, dan keberhasilannya tergantung pada komitmen berkelanjutan untuk aksi yang jelas.

Ia menjelaskan, Smart City tidak dapat terwujud tanpa adanya kerjasama antar pemangku kepentingan, maupun antar kota yang saling berhubungan. Kebersamaan ini akan memunculkan inovasi-inovasi yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan pelayanan pemerintah diberbagai bidang.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M.Si, menuturkan, tindak lanjut hasil penetapan ini, Kabupaten Kuningan diberikan fasilitas bantuan penyusunan dokumentasi master plan Smart City oleh Kominfo RI dan akan dilaksanakan Bimtek dan FGD.

“Saat ini telah dilaksanakan FGD dan Bimtek Penyusunan Master plan Smart City sebanyak 4 kali, pada saat penutupan akan dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen bersama Gerakan menuju Kuningan Smart City, pada Hari Selasa, 20 September 2022 di Hotel Horison. Kota cerdas merupakan solusi dan program untuk mengatasi masalah menjadi peluang,” pungkasnya. (Kris)