Bunda Literasi Tingkat Kota Cirebon Dikukuhkan

0
291

KOTA CIREBON.- Pengukuhan Bunda Literasi tingkat Kota Cirebon diharapkan mampu mempercepat budaya membaca di kalangan masyarakat. Budaya membaca akan meningkatkan kemampuan masyarakat terutama generasi muda dan anak-anak.

Demikian diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH saat melantik pengurus Bunda Literasi tingkat kecamatan dan Kelurahan se Kota Cirebon tahun 2019 di Ruang Adipura, Rabu (20/2). Tampak hadir Bunda Literasi Kota Cirebon yang juga Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati.

“Tentu keberadaan Bunda Literasi akan menjadi motivator bagi anak-anak kita untuk gemar membaca dan menulis,” ungkap Azis.

Azis menambahkan pihaknya berharap orangtua terutama Bunda Literasi harus mengajak anak-anaknya membaca ke perpustakaan. Perpustakaan menjadi gudang ilmu yang memiliki berbagai catatan melalui buku yang ada.

“Mari kita tunjukan kepada warga Indonesia bahwa masyarakat Kota Cirebon memiliki hobi gemar membaca dan menulis. Hal ini tentu untuk meningkatkan kemampuannya sehingga memiliki ilmu yang cukup untuk menggugah generasi inovatif,” kata Azis.

Sementara Eti mengatakan keyakinannya jika Bunda Literasi tingkat kecamatan dan kelurahan dapat meningkatkan minat baca masyarakat. Bunda memiliki kedekatan dengan anak karena hampir setiap waktu bertemu.

“Ibu-ibu lebih dekat dengan keluarga sehingga program Bunda Literasi sangat tepat untuk mempercepat minat baca dan menulis masyarakat. Ternyata dengan berbagai pengalaman Bunda Literasi juga memiliki berbagai inovasi,” ujar Eti.

Pemerintah Daerah Kota Cirebon, lanjut Eti sedang membuat program pojok baca. Pojok baca diupayakan ada di setiap RW sehingga masyarakat dapat memanfaatkan buku untuk meningkatkan kemampuannya melalui membaca.

“Harapan kami ini akan juga menjadi wahana bagi semua untuk terus meningkatkan kemampuannya terutama anak-anak,” ujarnya.

Sedangkan Bunda Literasi tingkat Kecamatan Kejaksan, Sri Rejeki mengatakan pihaknya senang dapat menjadi Bunda Literasi. Ilmu yang dimilikinya dapat dimanfaatkan untuk keluarga dan masyarakat sekitar.

“Mudah-mudahan kami sebagai Bunda Literasi dapat meningkatkan minat baca anak dan ibu yang ada di Kecamatan Kejaksan,” tandasnya. (Kris)