BMKG Evaluasi India Ocean Wave 18 Exercise

0
479

JAKARTA, INAPOS – Kepala BMKG, Dwikorita  membuka kegiatan Post IOWave18 Workshop,  di Auditorium BMKG dan Hotel Red Top, Jakarta selama tiga hari, 15-17 November 2018. BMKG melaksanakan kegiatan tersebut bekerja sama dengan Indian Ocean Tsunami Information Centre (IOTIC)-UNESCO.

Adapun  Workshop tersebut diikuti oleh 13 negara yang berada di Samudera Hindia yaitu Indonesia, Malaysia, India, Oman, Maldives, Timor Leste, Iran, Pakistan, Mauritius, Australia, Srilangka, Tanzania, dan Thailand.

Menurut Dwikorita, Workshop tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan India Ocean Wave 18 Exercise (IOWave18 Exercise), yang dilaksanakan di negara-negara Indian Ocean pada Bulan September Tahun 2018 yang lalu.

Sementara itu Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, menjelaskan, IOWave Exercise merupakan Latihan Peringatan Dini Tsunami untuk negara-negara di Samudera Hindia yang diselenggarakan secara rutin setiap 2 tahunan. Tahun 2018, Indonesia melibatkan banyak pihak untuk berpartisipasi dalam latihan tersebut, yaitu BMKG sebagai Pusat Peringatan Dini Tsunami, BNPB, Metro TV, dan BPBD beserta masyarakat di pesisir Barat Sumatera dan Selatan Jawa.

Daerah yang turut berpartisipasi dalam latihan tersebut adalah Banda Aceh, Aceh Barat, Aceh Selatan, Sibolga, Nias, Pariaman, Padang, Pandeglang, Pangandaran, Daerah Istimewa Yogyakarta, Pacitan dan Bantul.

Kepala IOTIC-UNESCO, Ardito M Kodijat  juga menyampaikan bahwa setelah kegiatan IOWave18 Workshop, akan dilanjutkan dengan Pelatihan Tsunami Evacuation, Map, Plan and Procedure (TEMPP) selama 12 hari di Pusat Pendidikan Latihan BMKG Citeko Puncak Bogor. Kegiatan TEMPP ini memberikan pelatihan bagaimana membuat peta evakuasi, menyusun rencana dan prosedur evakuasi untuk negara-negara rawan tsunami di Samudera Hindia.

Pelatihan tersebut merupakan pelatihan yang ketiga kalinya setelah sebelumnya  diselenggarakan di Indonesia dan India. Tahun ini peserta latihan berasal dari negara: Indonesia, Mozambiq, Timor Leste, Mauritius, Yaman, Pakistan, dan India. (red)