BerandaDaerahBerikut Hari Jadi Kota Manggar

Berikut Hari Jadi Kota Manggar

INAPOS, Babel – Melalui perjalanan dan penelusuran yang cukup panjang, akhirnya Hari Jadi Kota Manggar ditetapkan. Melalui Rapat Paripurna  XIII Masa Persidangan III Tahun Sidang 2017, yang diselenggarakan di ruang rapat DPRD Kabupaten Belitung Timur (Beltim), pada selasa (12/9) dalam penyampaian berbagai pandangan oleh Fraksi, seluruh Fraksi menyetujui “Hari Jadi Kota Manggar” jatuh pada tanggal “9 Oktober 1871”.

 

Sebelumnya, Pansus Hari Jadi Kota Manggar yang diketuai oleh Drs. Jafri memberikan 3 opsi dasar sejarah untuk penetapan “Hari Jadi Kota Manggar” tersebut, yang diserahkan kepada Fraksi-fraksi DPRD Beltim.  selanjut Fraksi-Fraksi mengkaji dan menyampaikan Pendapat  Akhir Fraksi-Fraksi DPRD Kab. Beltim terhadap Raperda tentang Hari jadi Kota Manggar.

 

Dalam rapat tersebut 6 fraksi DPRD Beltim menyampaikan kesetujuannya dan menyepakati tanggal 9 Oktober 1871 sebagai Hari Jadi Kota Manggar, berdasarkan kepada undang-undang yang dikeluarkan oleh pemerintah Hindia Belanda nomor 146 tanggal 9 Oktober 1871 tersebut. dalam undang-undang itu disebutkan sebagai sebuah daerah yang diakui untuk tempat tujuan yang sah bagi orang asing dari bangsa timur, ini menunjukkan adanya pengakuan pemerintah terhadap manggar sebagai kesatuan wilayah.

 

“Sebagai ketua oansus, kita ada beberapa alternatif untuk mempertimbangkan dan kita berjalanlah dengan tim perumus, yang diketuai oleh pak Masri Sadeli, nah diundanglah semua, mereka menyampaikan yang diminta kepada ketua pansus, saya bilang selaku ketua pansus saya tidak bisa memutuskan langsung, yang disampaikan oleh perumus itu harus ade produk hukum, produk hukum dalam hal ini Raperda. Peraturan daerah itu, itu keputusan politik, nak kami serahkan kepada masing-masing fraksi untuk menentukan.” Sebut Jafri.

 

Kemudian, sambung Jafri, “Seterusnya Fraksi membahas 3 pilihan dengan landasan terkuat, “dari 3 pilihan, nah dari tanggal 3 Agustus, tanggal 9 Oktober dan 31 Oktober, semuanya punya landasan yang cukup kuat. Terus kita rapat gabungan, dalam rapat gabungan mereka menanyakan, nah silahkanlah kawan-kawan fraksi yang mempunyai keputusan politik, silahkan pilih yang mana.” Ujar Jafri

 

Lanjut Dia lagi, “Sebelumnya kita sudah pergi ke musium PT TIMAH dipangkal pinang. Kita gali dari sejarah pertimahan. Dan kita juga ke Arsip Nasional, dua kali sudah ke arsip nasional, buka buku sampai dengan wawancara dengan nara sumber yang ada di arsip nasional, memang kalau Manggar itu sudah dikenal sejak seribu delapan ratusan, 1862, 1871, bahkan 1907. Tapi Undang-undang yang dibuat dari belanda itu memang jauh sebelumnya ada.” Sambung Jafri.

 

Kemudian, Persetujuan dan kesepakatan Hari jadi kota Manggar ditandatangani Oleh Bupati Beltim Yusli Ihza, Ketua DPRD Tom Haryono Harun, Wakil Ketua 1 DPRD Jimmy Tjong dan Wakil 2 ketua DPRD Yohendra, didepan peserta rapat Paripurna.

 

(Imron.L)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments