Beredar Surat Terbuka, Bupati Bekasi Harus Perkuat Budaya

0
169

INAPOS, BEKASI,- Meningkatnya kebudayaan yang menjadi aset bangsa, rupanya membuat beberapa komunitas budaya di daerah ikut menyuarakan agar pemimpin daerahnya konsentrasi prioritas kepada peningkatan budaya daerahnya.

Demikian terjadi bagi komunitas budaya Bekasi yang membuat Surat Terbuka untuk Bupati Bekasi Eka Supria Atmadja.

Dalam surat terbuka yang beredar di Medsos tersebut, lintas komunitas budaya ini menuloskan beberapa poin dan berikut kutipan surat terbuka yang diterima redaksi tersebut :

Surat Terbuka Untuk Bapak Bupati Eka Supria Atmaja

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Lintas Komunitas Budaya Kab Bekasi menyampaikan:

1. Pertama-tama kami mengucapkan Selamat dan sukses teriring doa semoga Jabatan yang Bapak Emban amanah dan profesional.

2. Kami menitipkan aspirasi agar Bapak Bupati memprioritaskan Budaya Bekasi sebagai salah satu pertimbangan yang menjiwai setiap kebijakan yang diambil. Budaya Bekasi hendaknya menjadi Identitas dan jati diri dalam proses pembangunan. Kami berharap sekali dalam sepekan, ASN diwajibkan menggunakan pakaian khas Bekasi. Dan, memasukan Sejarah dan Budaya Bekasi sebagai muatan lokal dalam kurikulum pendidikan.

3. Penguatan Budaya Bekasi didedikasikan sebagai ikhtiar menciptakan Budaya Berkepribadian yang pada ujungnya berwujud pada ketertiban umum dan kemandirian ekonomi.

4. Kami berharap Bapak Bupati memperjuangkan agar Kali-kali Bekasi bisa bersih kembali. Bebas dari segala limbah pabrik dan domestik. Karena Kali merupakan urat nadi ekosistem yang menjadi bagian penting dari Budaya Bekasi.

5. Kami berharap Bapak Bupati mempertimbangkan untuk tidak mudah mengeluarkan izin untuk perumahan dan kawasan Industri. Mengingat konversi lahan yang selama ini terjadi. Mengubah lahan pertanian jadi kawasan perumahan dan industri tanpa mempersiapkan SDM sama saja dengan bunuh diri massal. Dimana ketertinggalan pada saatnya akan memicu konflik.Masyarakat tempatan terpinggir. Tak bisa masuk dan mencari nafkah di kawasan perumahan dan industri. Dalam poin ini kami meminta Bapak agar mengeluarkan Kewajiban Perusahaan yang ada di Kab. Bekasi agar menyerap tenaga kerja lokal, masyarakat Kampung. Minimal 30% karyawan harus berdomisili di Kab Bekasi.

6. Kami berharap Bapak Bupati segera mengeluarkan SK Penetapan dan memproses sejumlah Terduga Benda Cagar Budaya men jadi Benda Cagar Budaya. Kami juga berharap Bapak Segera melantik Team Ahli Pelestari Cagar Budaya agar proses pengawalan dan perlindungan Benda Cagar Budaya memiliki Team Teknis yang menindaklanjuti apa-apa yang dibutuhkan.

7. Kami berharap Bapak Bupati memperjuangkan pelestarian peninggalan bersejarah berupa gedung- gedung dan rumah- rumah dan menjadikannya obyek wisata dan tempat berkumpulnya para seniman,penyair dan sastrawan dan memajukan dan mensejahterakan kehidupan mereka

8. Penguatan Budaya literasi ( puisi,pantun dll) diruang lingkup akademis baik dari Sekolah Dasar ,Sekolah Menengah Pertama ,Sekolah Menengah Atas dan Tingkat yang lebih Tinggi supaya budaya cinta baca dan berkarya tumbuh di Bekasi.

Demikian pernyataan ini kami sampaikan.

Bekasi, 12 Juni 2019
1. Komarudin Ibnu Mikam.
2. Wahyudi Hafiludin Sadeli, SH., MH., CiL.
3. Djoko Lelono.
4.Nunu Nugraha
5. Iwan Bonick
6. Iman Kurniawan Spd
7. Wahyu Ki Ageng Alang
Alang
8. Kong Guntur El Mogas
9. Mandor Jimmy
10. Ken Arca
11. Ajuk Djunaedi
12. Choky Utama
13. Sandy Tyas..

Editor : Cecep Supradin


Komentar Anda?