Beredar Petisi, Tutup PLTU Ombilin

0
709

INAPOS, JAKARTA,- Salju sudah mulai turun di Sumatera Barat, tepatnya di Sawahlunto. Namun salju ini tidak seperti salju biasanya, akan tetapi salju yang berwarna hitam.

Salju berwarna hitam ini ditulis oleh Diki Rafiqi dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang dalam petisinya.

Seperti dikutip dari Change.org, salju yang turun di Sawahlunto, Sumbar ini warnanya hitam dan bikin infeksi paru-paru anak.

“Tim saya di LBH Padang langsung turun ke lapangan. Cari tahu kenapa banyak anak kena infeksi paru-paru,” tulis Diki dalam petisinya yang telah ditandatangani oleh 1761 orang saat berita ini diturunkan.

Menurut Diki, Ia bertemu dengan Bu Afni Efientri. Dia bilang, “Saya gak terima, anak saya masih kecil kena infeksi paru. Gak hanya anak saya, 3 dari 5 siswa di sekolahnya juga kena.”

Berikut kutipan lengkap petisi tersebut.

Cerita lain dari Bu Aida, dua anaknya batuk-batuk dan panas tinggi sampai harus dirawat di rumah sakit. Bu Aida bilang abu hitam hinggap di mana-mana, termasuk di tanaman, meja, kursi sekolah, bahkan bekal makanan anak-anak.

“Namanya anak-anak kan itu bekal tetap dimakan, kita nggak tahu gimana mengatasinya,” kata Bu Aida.

Kasusnya nggak cuma dialami Bu Afni dan Aida, tapi ribuan warga di Kecamatan Talawi, Sawahlunto. Data BPS Sawahlunto 2018 menunjukkan ada 5000 lebih warga Sawahlunto kena infeksi paru dan ISPA.

Setelah kami selidiki, PLTU Ombilin penyebabnya. Setiap hari ratusan ton limbah beracun seperti merkuri dan logam berbahaya lainnya keluar dari cerobong asap PLTU.

Data Air Visual 23 September 2019 menunjukkan udara di kecamatan Talawi, Sawahlunto BERBAHAYA. Artinya nggak layak dihirup makhluk hidup. Cecep pasti nggak mau tinggal di tempat kayak gitu kan?

Warga lokal, anggota DPRD Sawahlunto, dan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan udah menuntut pertanggungjawaban PLN dan PLTU Ombilin. Tapi gak digubris.

Tapi kita masih ada harapan. PLTU Ombilin beroperasi di bawah kewenangan Kementerian BUMN yang baru aja ganti Menteri, Erick Thohir. Ini adalah kesempatan Menteri baru untuk menunjukkan kinerjanya dan menyelamatkan anak-anak Sawahlunto.

Yuk bantu warga Sawahlunto untuk bisa bernapas lagi dengan meminta Menteri BUMN erick Thohir agar menindak tegas PLTU Ombilin dan mencabut izin operasionalnya.

Kalau PLTU Ombilin berhenti beroperasi, udara akan bersih, anak-anak gak akan kena infeksi paru lagi, dan warga lokal bisa berkegiatan normal. Kawasan ini juga akan bisa menjadi kawasan lestari yang menarik daya tarik wisatawan dan menambah pendapatan warga lokal.(Cep’s)