Berbagai Instansi Menyambut Baik Kehadiran Kantor Baru Bea Cukai

0
206

Inapos, Jember.- Peresmian gedung Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) C Jember, Jawa Timur. Mendapatkan respon positif juga apresiasi dari berbagai instansi, Faida selaku Bupati Jember yang tampak hadir berharap Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya C yang baru diresmikan bisa memberikan dampak positif di sektor ekonomi. 

Dalam sambutannya saat peresmian Kantor PPBC Jember, Faida, mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi di suatu daerah dipengaruhi tiga hal yakni pemerintah yang mau bekerja, swasta yang mau berinvestasi dan masyarakat yang mendukung.

“Tetapi lintas instansi vertikal juga, yang di dalamnya ini ada kantor Bea Cukai di Jember, menjadi suatu bagian penting daripada syarat pertama,” kata Faida, Jumat (23/11/18).

Ia mengatakan Bea dan Cukai mempunyai jaringan kuat dalam dunia usaha. Karenanya, Faida menyambut kehadiran Kantor PPBC di Jember. “Jaringan ini bisa memperkuat jaringan usaha di Kabupaten Jember,” katanya. 

Sementara itu Direktur Jendral (Dirjen) Bea dan Cukai cq Kemenkeu, Heru Pambudi menyampaikan, pemindahan kantor Bea dan Cukai ke Jember agar mendekatkan pelayanan dengan klien. 

“Sekitar sebelas pabrik yang beroperasi di Jember. Di wilayah sebelumnya (Panarukan) relatif kecil,” paparnya. 

Heru menambahkan, upaya ini untuk memperkuat sinergi dengan aparat penegak hukum dalam rangka memberantas rokok ilegal, dan kerjasama dengan Kantor Pos yang membawa barang-barang tanpa ijin.

“Kita ingin memastikan bahwa on the one hand, kenaikan tarif tidak akan berdampak pada penerimaan, karena kita akan dapat dari perpindahan ilegal menjadi legal,” jelas Heru Pambudi.

Ditempat yang sama, Kapolres Jember AKBP Kusworo mengapresiai peresmian KPPBC Jember. Ini memudahkan bagi Polres Jember untuk berkoordinasi terkait tindak pidana cukai.

“Semoga, adanya kantor pelayanan di Jember, semakin meningkatkan sinergi dan semakin bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Jember,” harapnya.

AKBP Kusworo mengungkapkan telah merencanakan langkah-langkah untuk mengedukasi masyarakat agar tidak mengkonsumsi rokok tanpa cukai.

H. Misbah selaku pemuka Agama juga menyampaikan apresiasi adanya kantor Bea Cukai di Jember. Sehingga kemaslahatan negara dan masyarakat dapat terwujud bersama-sama. Dalam perspektif agama sesuatu yang merugikan kepada masyarakat itu hukumnya haram. Karena itu, perlu upaya penyadaran masyarakat.

Sementara Dandim 0824 Jember Letkol. Inf. Arif Munawar mengapresiasi berdirinya kantor Bea Cukai di Jember. “Dengan beberapa pabrik rokok dan terdapat beberapa produk yang perlu dilindungi. Untuk itu kehadiran Bea Cukai di Jember dapat memberikan manfaat bagi sekitarnya,” imbuhnya. (Elwan)


Komentar Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here