Belum Capai Target Partisipasi Pemilih, 30 TPS Dapat Penghargaan

0
347

KOTA CIREBON.- Sebanyak 30 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dapatkan apresiasi dari KPU sebagai penyelenggara pemilu di Kota Cirebon. Kreativitas yang ditampilkan di masing-masing TPS masih belum mampu untuk mencapai target angka partisipasi pemilih.

 

Dari ratusan TPS yang ada di Kota Cirebon, KPU akhirnya memilih 30 TPS untuk mendapatkan penghargaan dan apresiasi. Untuk juara satu mendapatkan hadiah berupa uang sebesar Rp 10 juta, juara dua mendapatkan uang sebesar Rp 7.500.000, juara tiga mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 5 juta. Sedangkan untuk juara harapan 1 mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 4 juta, juaran harapan dua mendapatkan hadiah sebesar Rp 3 juta dan untuk juara harapan tiga mendapatkan uang sebesar Rp 2 juta. Di setiap kecamatan, ada 6 TPS yang mendapatkan hadiah mulai dari juara pertama hingga harapan ketiga. Sehingga total ada 30 TPS yang mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari KPU sebagai penyelenggara pemilu di Kota Cirebon.

Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani, menjelaskan jika penilaian didasarkan pada TPS yang unik dan bagus.

“Namun sebenarnya tidak hanya bagus dan unik, tapi juga harus bisa meningkatkan partisipasi warga untuk memilih,” ungkap Emirzal. Karena itulah lomba antar TPS ini digelar.

Di sisi lain, Emirzal mengakui, lomba ini masih belum mampu untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih di Kota Cirebon.

Dijelaskan Emirzal, tingkat partisipasi pemilih di seluruh Indonesia pada pilkada 27 Juni 2018 sebenarnya ditargetkan 77,5 persen.

“Namun untuk Kota Cirebon tingkat partisipasinya baru 72,16 persen.” Ujarnya.

Kondisi ini, lanjut Emirzal, menjadi pekerjaan rumah bagi semua instansi terkait agar pada pemilu mendatang tingkat partisipasi pemilihnya bisa lebih tinggi lagi. (Kris)