KOTA CIREBON.- Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung gelar Apel Siaga Antisipasi Kekeringan di Halaman Kantor BBWS Cimanuk Cisanggarung, Selasa (11/8/20).

Apel yang dihadiri unsur Pemda, BNPB serta pihak swasta langsung dipimpin Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimancis, Ismail Widadi tersebut bertujuan mengantisipasi bencana kekeringan yang sudah memasuki babak kedua musim kemarau, khususnya di wilayah kerja BBWS CimanCis.

Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Ismail Widadi mengatakan, menurut rilis dari BMKG sudah 70 persen musim kemarau berada pada puncaknya di bulan Agustus hingga bulan September.

“Hari ini, kami bersama semua unsur bacakan deklarasi kesiapsiagaan yang kemungkinan akan terjadi mengingat sudah memasuki babak kedua musim kemarau,” ujar Ismail.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya sudah membentuk satgas yang tersusun dalam satu struktur untuk menghadapi musibah kekeringan.

“Kami siapkan posko yang akan dimonitor koordinator. Satgas yang berada di Posko akan dibagi menjadi 3 shif. Kami juga menyiagakan peralatan penunjang seperti kendaraan alat berat, mobil tanki air, bor sumur, hingga pompa air,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya mengajak semua elemen untuk bersama – sama mengantisipasi kekeringan yang mungkin terjadi.

“Mulai hari ini semua tanggung jawab bersama.Kita melangkah satu prosedur, suara,” serunya.

Usai pimpin Apel Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimancis, Ismail Widadi bersama peserta apel meninjau kendaraan alat berat yang disiagakan menghadapi kekeringan. (Kris)