BAZNAS Jabar Bantu Empat Rutilahu di Kota Cirebon

0
642

KOTA CIREBON.- Sebanyak empat rumah tidak layak huni (rutilahu) di Kota Cirebon mendapatkan bantuan dari Baznas Jawa Barat.

Adapun Lauching Kerjasama Bedah Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) Baznas Provinsi Jabar yang dilaksanakan Baznas Kota Cirebon dilangsungkan di Cangkol, Kelurahan Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Selasa (2/4).

Ketua Baznas Jawa Barat, Arif Ramdani, MH., mengungkapkan jika Baznas Jawa Barat wilayah kerjanya membawahi seluruh kota dan kabupaten di Jawa Barat. Karenanya, saat ada Baznas di daerah yang tidak mampu untuk melakukan suatu program, pihaknya akan turun tangan.“Termasuk bedah rutilahu di Kota Cirebon ini,” ungkap Arif.Masing-masing rumah mendapatkan dana sebesar Rp 10 juta untuk melakukan perbaikan. Syaratnya, rumah tersebut sangat mendesak untuk diperbaiki dan hampir roboh.Ada pun kriteria penerima bedah rutilahu, lanjut Arif, yang termasuk dari golongan yang berhak menerima zakat. Bisa fakir, bisa miskin, terlilit hutang dan lainnya.“Karena kami mengelola zakat, infaq dan shodaqoh. Sehingga penerimanya harus sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan,” ungkap Arif.

Selain bedah rutilahu, dana dari Baznas juga digunakan untuk kegiatan lainnya seperti beasiswa kepada anak dari keluarga tidak mampu, bidang kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan sejumlah program lainnya.

Sekertaris Daerah Kota Cirebon, Drs. Asep Dedi mengatakan, Pemerintah daerah (Pemda) Kota Cirebon mengapresiasi dan menyambut baik karena sangat membantu program mereka.

“Atas nama Pemda Kota Cirebon, kami sangat apresiasi kegiatan tersebut,” ungkap Asep.

Karena kegiatan tersebut akan mengurangi jumlah rutilahu yang ada di Kota Cirebon. Keterbatasan dana yang dimiliki Pemda Kota Cirebon membuat mereka membutuhkan berbagai sumber pendanaan lainnya untuk melakukan perbaikan rutilahu rumah warganya.

Termasuk sumber pendanaan dari Baznas baik Provinsi Jawa Barat maupun Kota Cirebon.

Asep juga berharap, agar sumber pendanaan Baznas terus bertambah. Sehingga sasaran bedah rutilahu di Kota Cirebon bisa lebih banyak lagi.

Ino Martiano, warga Jalan Yos Sudarso Cangkol Utara sebagai penerima bantuan mengaku sangat terbantu dengan dana dari Baznas tersebut.

“Rumah saya nyaris roboh akibat terjangan hujan besar disertai angin puting beliung beberapa waktu lalu,” kata Ino.

Selanjutnya Ino berharap, akan lebih banyak lagi warga yang juga mendapatkan manfaat dari pengelolaan dana Baznas karena dirinya juga sudah merasakan manfaatnya.

Berikut penerima dana bedah rutilahu di Kota Cirebon dari Baznas Provinsi Jawa Barat 2019 ini sebanyak 4 orang, yakni Dodi Hidayat, warga Kelurahan Sunyarangi, Darsoni, warga Jalan Yos Sudarso Kelurahan Lemahwungkuk, Ino Martiano, warga Jalan Yos Sudarso Kelurahan Lemahwungkuk serta Mumu Haeriyah, warga Jembar Agung C41 Kelurahan Karyamulya. (Kris)