Bawaslu Wajo Diminta Selidiki Praktik Politik Uang

0
372

WAJO,- Warga mendesak Bawaslu Kabupaten Wajo untuk menyelidikan praktik politik uang yang massif selama proses Pemilu 2019 di Desa Ceppaga, Kecamatan Takalalla, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

“Kami desak Bawaslu untuk menyelidikan praktik politik uang di Desa Ceppaga. Ini sudah menjadi pembicaraan luas dan diduga melibatkan oknum aparat,” ungkap Bandu, salah satu warga Desa Ceppaga, Senin (22/4/2019).

Bandu mengaku, kendati tidak memiliki bukti foto dan video tindakan politik uang, tapi dirinya mendengar dan melihat langsung pelaksanaan praktik kotor tersebut.

“Saya siap menjadi saksi kalau hal ini (politik uang) memang benar terjadi. Selain itu, soal netralitasi aparat juga kami pertanyakan, karena ada oknum kepala desa yang menyatakan mendukung calon 01. Ironisnya, kepala desa bersangkutan juga ditemani oknum aparat ,” ungkapnya.

Kondisi tersebut menurut Bandu, sedikit banyak mengkhawatirkan warga. Apalagi, fungsi aparat pada dasarnya hanya memberi kepastian keamanan kepada masyarakat agar bisa menyalurkan hak pilih secara baik, bukan malah diarahkan untuk memilih calon tertentu.

“Ini sudah bentuk intimidasi secara tidak langsung,” pungkas Bandu.

Selain itu, dia menambahkan, juga dicurigai adanya permainan politik uang dari seorang caleg? yang juga melibatkan orang dekat dengan oknum kepada desa di daerah itu.

“Kita sangat berharap Bawaslu melakukan pengusutan dan memproses mereka. Terkait orangnya, Bawaslu kami harap bisa mengungkap ke publik dan melakukan penyelidikan secara terbuka,” kata Bandu. (Red)