Bawaslu Ajak Santri dan FKUB Berperan Aktif Awasi Pemilu

0
203
KOTA CIREBON.- Para Santri dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) merupakan unsur masyarakat paling dekat di akar rumput. Mereka bisa menjadi pengawas baik secara langsung maupun partisipatif memastikan Pemilu berjalan sesuai aturan.

Hal tersebut dikemukakan Ketua Bawaslu Kota Cirebon M. Joharudin usai acara Refleksi dan Evaluasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bersama Santri dan Pemuda Lintas Agama di salah satu Hotel di kawasan Jl. Wahidin, Senin (23/12/19).
Menurutnya para santri dan Pemuda Lintas Agama yang terlibat dalam Pemilu dapat memberikan feedback positif atau kritikan untuk jalannya demokrasi di Indonesia khususnya di Kota Cirebon.
Ketua Bawaslu Kota Cirebon M. Joharudin menilai, baik santri maupun FKUB dapat menjadi role model dan perpanjangan tangan Bawaslu melalui edukasi di forum-forum kecil maupun besar, dan dakwah.
“Santri dan FKUB dapat menjadi mata dan telinga sekaligus mulut kami di tingkat masyarakat,” ujarnya.
Di Kota Cirebon secara keseluruhan baik di Pilkada, Pileg dan Pilpres semuanya berjalan dengan baik. Tentunya dengan melakukan pengawasan dan evaluasi secara berkala demi tegaknya demokrasi.
“Pemilu berjalan dengan baik, tetapi kami tetap melakukan evaluasi dan perbaikan secara menyeluruh sehingga ke depan akan lebih baik lagi,” jelasnya.
Johar menambhakan, Selama ini pelaporan baik kecurangan maupun pelanggaran Pemilu dari masyarakat persentasenya masih kecil.
“Melalui evaluasi ini diharapkan masyarakat berperan aktif melakukan pengawasan dan pelaporannya pun harus sesuai mekanisme yang telah ditentukan,” tandasnya. (Kris)