Bansos APB Tahap 2, 49.107 Pelaku Budaya Menerima 1 Juta

0
1558

Para pelaku budaya atau seniman akan mendapatkan bantuan sosial (bansos) Apresiasi Pelaku Budaya (APB) sebesar Rp1 juta dari pemerintah, dalam hal ini Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan. (Kemendikbud)

JAKARTA,- Program bansos APB yang memasuki pencairan tahap 2 akan disalurkan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud melalui Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan.

Pencairan dana bansos APB tahap pertama-pun telah selesai dan sekarang sudah memasuki tahap kedua.

Pada tahap 2 ini calon penerima bansos APB ini totalnya ada 49.107 pelaku budaya atau seniman yang sudah terdaftar di Surat Keputusan (SK).

Meski nama calon penerima sudah terdaftar di Surat Keputusan (SK), bukan berarti dana bantuan APB bakal langsung cair.

Para pelaku budaya atau seniman harus mengunggah karya dan melengkapi data terlebih dahulu dengan cara membuat akun di laman apb.kemdikbud.go.id.

Banyak sekali para pelaku budaya atau seniman yang mengira bantuan APB senilai Rp1 juta ini akan diberikan langsung setelah namanya tercantum di Surat Keputusan (SK).

Tanpa harus verifikasi dan membuat akun serta mengunggah karyanya sehingga masih terdapat banyak sekali bahkan ribuan calon penerima yang dananya belum cair karena belum melengkapi data dan mengunggah karyanya.

Hal tersebut dikatakan langsung Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid.

Kemendikbud juga menyampaikan, proses penyempurnaan data dan mengunggah karya calon penerima bantuan APB ini akan diperpanjang hingga 25 November 2020 nanti.

“Demi akuntabilitas dan transparansi penyaluran bantuan, calon penerima APB harus melengkapi beberapa dokumen dan juga mengunggah karyanya. Mohon rekan-rekan pelaku budaya dapat memperhatikan dan mengikuti proses yang dilakukan secara digital dan terintegrasi di apb.kemdikbud.go.id,” ujar Hilmar, dikutip dari laman Kemdikbud.

Sebelum melakukan pelengkapan data diri dan mengunggah karya, coba cek terlebih dahulu NIK KTP penerima di apb.kemdikbud.go.id apakah terdaftar sebagai penerima dana APB atau tidak.

Berikut ini adalah langkah-langkah mudah untuk mencairkan dana Bansos APB Kemendikbud:

1. Buka laman apb.kemdikbud.go.id

2. Klik tiga titik yang ada di pojok kanan atas.

3. Pilih ikon Masuk yang ada di bawah.

4. Masukkan E-mail

5. Kebudayaan NIK yang sudah terdaftar di bawahnya.

6. Lalu klik ‘Masuk’

7. Kemudian lengkapi data diri-mu.

8. Setelah itu unggah data diri-mu seperti NIK E-KTP dan buku rekening.

9. Selanjutnya unggah hasil karya-mu sesuai dengan profesi-mu.

10. Silahkan tunggu pengungkit untuk pencairan dana.

Perlu diketahui, ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan dana bantuan APB senilai Rp1 juta, di antaranya sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Nomor Induk Kependudukan (NIK).

3. Merupakan seorang pelaku budaya dan seniman

4. Tidak mempunyai mata pencaharian lain selain kegiatan yang berhenti total karena terdampak pandemi atau menurun secara drastis karena Covid-19.

5. Gajih tidak boleh lebih dari Rp5 juta perbulannya sebelum wabah berlangsung.

6. Atau jika sudah berkeluarga memiliki penghasilan sampai sepuluh juta perbulan sebelum wabah Covid-19 berlangsung.

Sumber :www.kemendikbud.go.id