Bamsoet Optimis Asian Para Games 2018 Berlangsung Sukses

0
364

INAPOS, BALI — Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) optimis penyelenggaraan Asian Para Games pada 6-13 Oktober 2018 di Jakarta, akan berlangsung sukses sebagaimana penyelenggaraan Asian Games bulan lalu. Karenanya, seluruh masyarakat Indonesia diminta untuk mendukung penuh pelaksanaan Asian Para Games dan atlit Indonesia yang berlaga. 

“Pada Asian Games beberapa waktu lalu, kita telah buktikan kepada dunia bahwa Indonesia hebat luar biasa. Tak hanya sukses dalam penyelenggaraan, kita juga sukses dalam prestasi. Mari kita kembali berikan doa dan dukungan kepada semua atlit Indonesia yang berlaga di Asian Para Games,” ujar Bamsoet usai acara torch relay obor Asian Para Games di rumah dinas Gubernur Bali, Minggu pagi (16/09/18).

Bamsoet menyerahkan obor Asian Para Games kepada Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita. Sebelumnya, Gubernur Bali Wayan Koster menyerahkan obor Asian Para Games yang telah diinapkan di rumah dinas Gubernur Bali kepada Bamsoet.

Hadir dalam acara ini antara lain, Gubernur Bali Wayan Koster, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Pangdam Udayana Mayjen TNI Benny Sudianto, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose serta Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menegaskan keterbatasan fisik bukanlah halangan untuk berprestasi dan mengharumkan nama bangsa. Para atlit difabel yang bertanding mampu membuktikan kesuksesan tidak hanya bisa diraih dengan kesempurnaan fisik.

“Saudara-saudara kita para atlet Asian Para Games adalah orang yang memiliki semangat sangat tinggi. Mereka menunjukan bahwa hidup bukan semata tentang fisik. Terpenting adalah semangat juang untuk berkreasi, beraktifitas, dan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” kata Bamsoet.

Atlet Diusulkan Menjadi ASN

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini mendoakan agar para atlit Indonesia dapat meraih mendali emas sebanyak-banyaknya. Sehingga, mampu mengibarkan serta mengharumkan nama besar Indonesia di kancah Internasional.

“Melalui penyelenggaraan pesta olahraga ini, semua mata akan tertuju kepada Indonesia. Mari kita sambut kembali para tamu yang datang, jadilah tuan rumah yang baik. Tunjukan kepada dunia bahwa Indonesia merupakan negara besar yang penuh dengan keramahan,” tambahnya.

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegera, dan Kebumen ini memaparkan DPR RI memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Asian Para Games, baik dalam hal kebijakan maupun anggaran. DPR sendiri telah menyetujui penambahan anggaran Asian Para Games dari Rp 825 miliar menjadi Rp 1,7 triliun.

“Saya juga sudah berdiskusi dengan Menteri Sosial agar para atlet Indonesia yang berlaga di Asian Para Games diperhatikan serius masa depannya. Salah satu usul yang dibahas adalah mengangkat atlet Asian Para Games yang berprestasi menjadi pegawai negeri sipil (aparatur sipil negara). Kita harapkan hal tersebut bisa direalisasikan,” urai Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia ini juga berharap melalui ajang Asian Para Games akan mempererat persaudaraan diantara negara peserta. Olahraga tidak hanya sekadar pertandingan yang memperebutkan gelar juara, tetapi juga harus menjadi sarana untuk menguatkan rasa persaudaraan antar negara di Asia.

“Sebelum menguatkan persaudaraan antar sesama bangsa se-Asia, terlebih dahulu kita harus tunjukan kuatnya persaudaraan sebagai sesama anak bangsa Indonesia. Penyelenggaraan pesta olahraga Asian Para Games menjadi sarana yang tepat bagi kita untuk menguatkan kembali jati diri sebagai anak bangsa Indonesia,” tutur Ketua DPR RI. (HS)