Bakamla RI saat menerima Penghargaan 'Predikat Baik' Sistem Merit dari KASN di Jakarta, Kamis (8/12). (Foto dok. Hms Bakamla RI)

Jakarta, inapos.com – Lagi, dalam kurun waktu 3 hari Bakamla RI mendapatkan penghargaan pelaksanaan manajemen kepemerintahan terbaik. Sebelumnya, Selasa (6/12) lalu Bakamla RI juga mendapatkan Germas Award 2022 kategori Pelaksanaan Aktivitas Fisik Terbaik dari Kemenko PMK.

Kegiatan pemberian Penghargaan ‘Predikat Baik’ Sistem Merit ini dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno ini dilaksanakan di salah satu hotel di Jakarta Pusat, Kamis (8/12/2022).

Penghargaan tersebut diserahkan Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Prof. Dr. Agus Pramusinto, MDA kepada Sestama Bakamla RI Laksda TNI S. Irawaan, M. M.

Penghargaan Sistem Merit merupakan penganugrahan atas komitmen dan dukungan dalam optimalisasi dan akselerasi kebijakan dan manajemen ASN di lingkungan pemerintah yang berdasarkan kepada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

Dalam rangkaian kegiatan, arahan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengapresiasi segenap instansi pemerintah yang telah berhasil mendapatkan predikat baik dan sangat baik dalam implementasi system merit.

“Saya ingin mengucapkan selamat dan sukses bagi 174 instansi pemerintah baik kementerian atau lembaga atau pemerintah daerah yang telah ditetapkan KASN untuk mendapatkan penghargaan sistem merit dengan predikat sangat baik dan baik. Saya sangat mengapresiasi komitmen ini. Mudah-mudahan teman-teman yang mendapatkan predikat baik dan sangat baik akan menularkan kepada Pemda dan instansi atau lembaga yang penilaiannya masih buruk atau kurang baik dan seterusnya,” urai Menteri Anas.

Dia melanjutkan, penilaian sistem merit ini menjadi hal yang penting dalam memperbaiki kinerja ASN. Oleh karena itu, penguatan kebijakan kelembagaan manajemen ASN berbasis sistem merit menjadi sangat penting dalam upaya mendorong perbaikan pelayanan publik melalui terciptanya SDM ASN yang andal. Hal tersebut selaras dengan lima prioritas presiden yang poin pertamanya adalah pembangunan SDM.

“Kita akan masuk empat masuk ekonomi dunia. Perlu kita siapkan, salah satunya mempersiapkan manajemen merit, yaitu menyiapkan SDM kita. Harapan kita ke depan, core value baru akan menjadi bagian dari upaya kita untuk terus memperbaiki pelayanan publik yang core value Ber-Akhlak,” imbuhnya.

Menteri Anas selanjutnya menekankan pentingnya untuk mereformasi birokrasi di tanah air. Reformasi struktural akan membuat instansi pemerintah makin sederhana, simpel, dan lincah.

Diwaktu yang sama Bakamla RI juga meraih peringkat nasional Hasil Kearsipan Tahun 2022, dengan nilai “A” (memuaskan) yang diberikan Arsip Nasional Republik Indonesia.

Turut hadir pula mendampingi Sestama Bakamla RI, Kepala Biro Umum Bakamla Laksma Bakamla Amin BC. (red*)