Presiden Jokowi saat penganugerahan gelar kehormatan adat Kesultanan Buton, di Benteng Keraton Kesultanan Buton, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (27/09/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

SULTENG.- Mengawali kegiatan di hari kedua dalam kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (27/09/2022), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Benteng Keraton Kesultanan Buton yang berada di Kota Baubau.

Tiba pukul 06.55 WITA, Presiden terlebih dahulu melaksanakan salat Duha di Masjid Agung Kesultanan Buton. Setelah itu, Presiden memasuki Baruga Keraton Kesultanan Buton untuk mengikuti prosesi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton.

Sebelum prosesi pemberian gelar, Presiden Jokowi terlebih dahulu mendengarkan penjelasan tentang penganugerahan gelar kehormatan adat Kesultanan Buton yang dibacakan oleh La Ode Muhamad Arsal.

La Ode Muhamad Arsal mengatakan bahwa pada hari ini, Selasa, 27 September 2022 Masehi bertepatan dengan tanggal 1 Rabiul Awal 1444 Hijriah, kepada Presiden Jokowi dianugerahkan Gelar Kehormatan Adat dan Budaya Kesultanan Buton, La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi yi Nusantara.

“Dengan dianugerahkannya gelar tersebut, maka Bapak La Ode Muhammad JokoWidodo Lakina Bhawaangi yi Nusantara dinobatkan secara resmi menjadi kerabat dan sesepuh dalam daerah eks-Kesultanan Buton,” katanya.

Untuk itu, ucap La Ode Muhamad Arsal, perangkat Lembaga Adat Kesultanan Buton menitip pesan dan harapan kepada Presiden Jokowi.

“Agar Bapak La Ode Joko Widodo senantiasa tetap menjaga marwah bekas Kesultanan Buton selama berdomisili di Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia atau di mana pun berada,” ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Presiden juga menyampaikan terima kasih kepada Sultan Buton La Ode Muhammad Izat Manarfa untuk gelar Kesultanan Buton yang diterimanya.

“Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada Yang Mulia Sultan Buton Bapak La Ode Muhammad Izat Manarfa beserta seluruh jajaran lembaga adat Kesultanan Buton yang telah memberikan anugerah gelar kepada saya yaitu La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara,” tutur Presiden.

Setelah mengikuti proses penganugerahan gelar tersebut, Presiden menyapa warga yang telah menantinya dan juga membagikan kaus, terdengar warga memanggil Presiden dengan sebutan barunya.

“La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi yi Nusantara” ujar salah seorang warga memanggil Presiden, Presiden pun tersenyum ketika dipanggil dengan gelar barunya tersebut.

Dari Keraton Kesultanan Buton, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kantor Pos Baubau, Kota Baubau, untuk menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Bantuan Subsidi Upah (BSU). (Red)