Aplikasi Pembayaran Denda Tilang Diluncurkan

0
199
KOTA CIREBON.- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Cirebon bersama PT. Pos Indonesia dan Bank BRI gelar Launching Layanan Pembayaran Denda Tilang dan Pengiriman Barang Bukti Tilang Yang Terintegrasi dan Terkoneksi Secara Nasional di Halaman Kejari Kota Cirebon, Jl. Wahidin, Jum’at (29/11/19).

Kepala Kejari Kota Cirebon M. Syarifuddin mengungkapkan program ini bertujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk menuntaskan penumpukan pelanggar lalu lintas yang akan mengambil bukti tilang di kantor Kejari.
“Enam bulan┬álalu kita gagas bersama PT. Pos dan Bank BRI membuat aplikasi secara nasional. Hal ini untuk memudahkan masyarakat membayar dan mengambil bukti tilang tersebut,” ujar Kajari.
Program ini lanjut Kajari, pelanggar tilang cukup bayar denda tilang di Bank BRI dan Kantor Pos dan barang bukti bisa dikirim petugas Pos ke alamat tujuan.
“Masyarakat bisa membayar tilang didaerahnya, dan biaya pengiriman sesuai alamat tujuan,” jelasnya.
Kajari menambahkan besaran denda tilang akan diketahui saat pelanggar akan membayar. Pasalnya besaran denda tilang dari hasil keputusan pengadilan langsung terkoneksi dengan PT Pos.
Kepala Regional V Jawa Barat dan Banten PT. Pos Indonesia, Helly Siti Halimah mengemukakan, pelayanan ini baru pertama di Indonesia yang berlaku secara nasional.
“Launching ini secara nasional baru pertama di Kota Cirebon dan akan berlanjut ke Sumedang, Tasikmalaya dan Cikarang,” ujarnya.
Ia mengapresiasi Kajari Kota Cirebon yang gigih dalam menggagas program aplikasi ini. “Kami siap akan mendukung program yang ada di Cirebon,” jelasnya.
Helly berpesan kepada jajarannya agar memberikan pelayanan yang terbaik buat masyarakat.
“Tidak boleh ada masyarakat yang kecewa dengan pelayanan” tegasnya.
Kepala Cabang Bank BRI Cirebon Harsono mengatakan program ini kedepan bisa berjalan lancar tanpa hambatan.
“BRI komitmen untuk pelaksanaan ini. Semoga
kerjasama ini bisa ditingkatkan lagi,” katanya.
Wali Kota Cirebon Drs. Nashrudin Aziz mengatakan inovasi dari Kejari Kota Cirebon merupakan prestasi luar biasa dalam memberikan pelayanan prima bagi masyarakat dan membawa nama baik Kota Cirebon.
“Dengan pelayanan ini, wisatawan luar daerah yang terkena tilang di Kota Cirebon, tidak akan kapok datang ke Kota Cirebon,” tandasnya. (Kris)