Antisipasi Virus Corona DPRD Kota Ternate Minta Dinkes Periksa TKA

0
557

INAPOS, TERNATE, – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate Heni Sutan Muda meminta Pemerintah melalui Dinas Kesehatan agar lebih proaktif meninjau Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina yang menginap di beberapa Hotel di Kota Ternate.

Upaya ini dilakukan Agar Maluku Utara (Malut) terhindar dari virus Corona. Hal ini disampaikan langsung Heni kepada wartawan diruang kerjanya Rabu (05/02/2019).

Menurutnya, Wabah virus Corona ini bukan lah wabah yang bisa buat main-main, untuk itu diharapkan pemerintah harus proaktif dalam memproteksi wabah yang di bawa dari Cina ini masuk ke Indonesia secara umum dan khususnya Maluku Utara.

Untuk memproteksi Virus Penyebaran Corona di Malut, kami sangat berharap dinas kesehatan melakukan peningkatan pengawasan terhadap TKA yang masuk ke Malut.

” Kalaupun kedapatan ada TKA yang terkena gejala virus mematikan ini maka diharapkan para TKA dipulangkan ke Negara asalnya jangan sampai virus tersebut menular ke masyarakat Maluku Utara, ” Harapnya.

Selain itu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kota Ternate yang membidangi Urusan Ketenagakerjaan diminta untuk menghentikan penerimaan TKA China untuk masuk ke Maluku Utara sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan masuknya virus Corona di Maluku Utara.

” Sehubungan dengan munculnya virus Corona, maka pemerintah dalam hal ini Nakertrans seharusnya segera mengeluarkan larangan masuk pekerja asal China, ” Ujarnya.

Lanjut dia, perlindungan terhadap nyawa warga negara Indonesia jauh lebih utama ketimbang membebaskan masuknya pekerja asal China atas nama investasi.

“Jadi pemerintah diharapkan menghentikan TKA China yang berdatangan di Maluku Utara Karena virus yang mematikan itu sudah terbukti bersumber dari China, ” Tutupnya. (min)