Antisipasi Kepadatan Arus Balik, Polresta Cirebon Lakukan Penyekatan Kendaraan Besar di GT Palimanan 4

0
129

KABUPATEN CIREBON.- Polresta Cirebon lakukan penyekatan kendaraan besar di GT Palimanan 4 Tol Palikanci. Penyekatan dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan di Tol Cipali di masa arus balik libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kendaraan besar dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta dikeluarkan dari GT Palimanan 4 dan diarahkan untuk melintasi jalur arteri Pantura.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si mengatakan, ketentuan ini sesuai Surat Edaran Kemenhub RI tentang larangan beroperasi bagi kendaraan besar di masa arus balik libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW berlaku mulai hari ini pukul 12.00 WIB hingga 2 November 2020 pukul 08.00 WIB.

“Mulai siang ini kendaraan besar dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta dialihkan seluruhnya ke jalur arteri, sehingga jalur tol hanya diperuntukkan kendaraan pribadi dan angkutan penumpang,” kata Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si, Sabtu (31/10/20).

Ia menjelaskan, pengalihan arus itu dikhususkan bagi kendaraan besar sumbu tiga ke atas untuk mengurangi beban jalur tol yang mengarah ke Jakarta. Syahduddi mengakui tidak semua kendaraan besar sumbu tiga ke atas dilarang melintasi jalur tol.

“Kendaraan besar yang mengangkut kebutuhan pokok masyarakat seperti sembako, air minum kemasan, BBM, BBG, pupuk, dan lainnya masih diperkenankan melewati jalur tol. Sedangkan angkutan pengangkut hasil tambang dari mulai batu, pasir, tanah, dan sejenisnya dilarang memasuki tol,” jelasnya.

Sementara itu, Kasubdit Manajemen Rekayasa Lalulintas Direktorat Lalulintas Jalan Ditjen Perhubungan Darat Rudi Irawan mengatakan, pengalihan kendaraan besar dimaksudkan untuk memperlancar arus balik pada libur panjang kali ini.

“Kendaraan berat kami keluarkan di exkit gerbang tol Palimanan 4, karena banyak jalan alternatif kendaraan berat menuju Jakarta, bisa melalui Pantura atau jalur tengah menuju Bandung,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini sekitar 12 ribu kendaraan dari arah timur menuju Jakarta sudah memasuki tol Cipali. Sedangkan prediksi puncak arus balik libur panjang diperkirakan pada Minggu 1 November 2020. (Kris)