Anggaran Minim, Kadis LH Optimis Bank Sampah Bisa Terwujud

0
199

KOTA CIREBON.- Program Bank Sampah menjadi salah satu program unggulan dan wujud nyata persampahan, paradigma sampah ini menjadi sumber daya dan memiliki sisi ekonomi.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kita Cirebon, Drs. H. RM. Abdullah Syukur, M.Si usai mengikuti kegiatan Sosialisasi Program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Kantor OJK, Jl. Cipto MK, Rabu (20/2).
Dijelaskan Syukur, Program Bank Sampah tersebut menjadi program dinasnya, karena setiap tahun pihaknya menganggarkan untuk sosialisasi kegiatan bank sampah yang ada di seluruh RW di Kota Cirebon.
“Dari 248 RW, ada sekitar 160 RW sudah diberikan sosialisasi, yang sudah berhasil menjadi bank sampah dan mendapatkan penghargaan 18 Bank Sampah, walaupun masih sedikit prosentase yang berhasil yang di sosialisasikan,” jelasnya.
Masih kata Dia, Dalam hal aturan persampahan tidak hanya sosialisasi dan edukasi harus ada pelatihannya. Untuk itu pihaknya memohon kepada semua pihak agar bisa menganggarkan untuk pelatihan. Karena begitu rumitnya dan harus dipraktekkan, belum lagi sarana dan prasarana penunjang.
“Kami berharap ada CSR dari pihak manapun untuk bisa membantu bank sampah bisa mandiri, karena anggaran kami terbatas, tetapi kuncinya kembali ke Ketua RW karena bisa menggerakkan masyarakat,” paparnya.
Syukur menambahkan, untuk target bank sampah ini pihaknya menargetkan tahun ini 50 RW agar tahun depan sudah bisa terselesaikan semua. (Kris)


Komentar Anda?