Anggaran Konsultan BBWSCimanCis Dipertanyakan

0
283

KOTA CIREBON.- Pemerintah pusat terus menggelontorkan dana untuk pertanian dan segala sesuatu yang menungjang pertanian tersebut antaranya anggaran konsultasi.

Namun berdasarkan informasi yang diterima redaksi beberapa waktu lalu, terdapat anggaran konsultasi yang dipertanyakan dan patut dicurigai penggunaannya di Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk -Cisanggarung (BBWSCimanCis).

Adapun anggaran yang dipertanyakan tersebut antaranya anggaran yang digunakan untuk Penyusunan Penilaian Kinerja dan AKNOP Air Baku Kab. Brebes dengan anggaran sebesar Rp. 95.945.000 pada tahun anggaran 2017 lalu.

Namun dari hasil penelusuran redaksi, pada tahun anggaran 2017 lalu tersebut bahwa pada Kabupaten Brebes, Jawa Tengah tidak terdapat proyek Air Baku yang dikelola oleh BBWSCimanCis .

Adapun pelaksanaan Proyek Air Baku di Kabupaten Brebes tersebut dikelola atau dibawah tanggungjawab PDAM Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Menyikapi temuan tersebut, menurut Sailan selaku Ketua Umum Lembaga Analisis Masyarakat Madani Pemersatu (Lammpu) sekecil apapun nilai dugaan kerugian negara, tetap merupakan tindak pidana korupsi.

“Jelas, penggunaan anggaran untuk penyusunan atau apapun yang berkaitan dengan Air Baku di kabupaten Brebes pada tahun anggaran 2017 lalu diduga fiktif. Karena pada tahun anggaran tersebut tidak ada proyek Air Baku yang dikelola oleh pihak BBWSCimanCis”, jawab Sailan saat ditanya tanggapannya terkait adanya penggunaan anggaran terkait.

Masih menurut Sailan, pihaknya akan segera melakukan analisa dan mengumpulkan beberapa bukti serta jika semua telah lengkap Lammpu secepatnya melaporkan dugaan tersebut kepada pihak terkait.

“Jika bukti-bukti telah terkumpul, kami akan segera melaporkan kepada pihak terkait”, papar Sailan.

Kepada RM. Budhiono ST selaku Kepala Satker Operasional dan Perawatan (OP), ketika dimintai tanggapannya baik melalui surat konfirmasi tertulis, sms melalui handphone dan Whatsapp perihal anggaran ini belum memberikan jawaban.(Cep’s)