Wahana Jakarta Bird Land (JBD) di Ancol. Nal

JAKARTA.- Ancol Taman Impian meresmikan beroperasinya wahana Jakarta Bird Land (JBL) bagi pengunjung umum.

Peluncuran dilakukan sekaligus sebagai bentuk dukungan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang jatuh setiap tanggal 5 November.

Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Eddy Prastyo menjelaskan, JBL merupakan wahana yang baru dibuka untuk umum pada hari ini. sebanyak 500 ekor burung dari 50 spesies dihadirkan di lahan seluas 6.000 meter persegi.

“Areanya dibagi menjadi enam kawasan. Ada juga burung yang khusus kita datangkan dari luar negeri,” ujarnya, Sabtu (5/11).

Keenam kawasan tersebut yaitu American Macaw Area, Indonesian Cockatoo, Hornbill Family, Aviary Exhibit, Water Bird, dan Free Range Bird Daerah. Taman burung ini didesain semirip mungkin dengan habitat asli burung-burung penghuninya.

Dikatakan Eddy, di area sky bridge, pengunjung bisa melihat lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan burung – burung yang sedang terbang bebas dan hinggap di dalam area kandang.

Beberapa jenis burung yang bisa di temui di JBL antara lain kakatua jambul kuning, kakatua alba, kakatua raja, burung macaw, bebek Mandarin, rangkong, merak biru dan salah satu jenis yang paling unik yaitu elang laut dada putih yang memiliki habitat alami di Pulau Bidadari Kepulauan Seribu.

Dijelaskan Eddy, pada peluncuran ini, Ancol berkerja sama dengan Jakarta Birdwatcher Society serta undangan komunitas Teens Go Green Indonesia, Kids Birdwatcher dan juga siswa sekolah binaan yaitu Sekolah Rakyat Ancol.

Sebagai ruang baru yang memberikan pengalaman baru rekreasi, pengunjung di JBL bisa secara langsung memberi makan dan berfoto dengan beberapa jenis burung. Pengunjung juga bisa menyaksikan bagaimana uniknya perilaku satwa ini dengan menyaksikan pertunjukan burung yang diadakan di dua tempat dengan konsep pendidikan yang menyenangkan.

Untuk dapat menikmati wahana JBL, pengunjung wajib mematuhi aturan-aturan kesehatan yang berlaku. Setiap hari, wahana beroperasi mulai pukul 09.30 hingga pukul 16.00 WIB.

Bagi masyarakat yang ingin menikmati wahana tersebut, disediakan tiket untuk weekday Rp 75 ribu berikut akses masuk gerbang Ancol. Sedangkan pada hari weekend dan libur nasional, dikenakan tarif Rp 95 ribu berikut akses masuk gerbang Ancol.

“JBL salah satu komitmen kami memberikan inovasi produk dengan kualitas dunia dan sejalan dengan misi pelestarian pelestarian alam agar setiap pengunjung mendapat pengetahuan serta pengalaman baru berwisata,” pungkasnya. (Nal)