Wakil Wali Kota Cirebon Hj. Eti Herawati didampingi Lurah Kesenden, Ruliyanto, saat melaunching Mobil Ambulance PKM RW 03 Kebon Benteng Barat, Minggu (13/3/22). Foto : Kris

KOTA CIREBON.- Di masa pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat masyarakat untuk meningkatkan kegotongroyongan serta kepedulian sosial terhadap sesama.

Dilatarbelakangi kebutuhan akan pelayanan kesehatan serta kifayah jenazah. Peduli Kifayah Muslim (PKM) RW 03 Kebon Benteng Barat Kelurahan Kesenden Kecamatan Kejaksan melaunching Ambulance hasil dari donasi masyarakat dan donatur.

Ketua PKM RW 03 Kebon Benteng Barat, Agus Suhendro mengungkapkan, PKM yang terbentuk pada September 2021 ini tak lain ingin memberikan sumbangsih atau pelayanan terhadap masyarakat yang selama ini masih sangat terbatas tak terkecuali kebutuhan mobil ambulance.

“Alhamdulillah, berkat kerjasama antar warga pada Februari 2022 kami bisa wujudkan memiliki mobil ambulance untuk kebutuhan masyarakat,” ungkap Agus, saat launching Ambulance di Halaman Masjid Al Huda, Kebon Benteng Kelurahan Kesenden, Minggu (13/3/22).

Agus menjelaskan, dengan jargon ‘Langsung Jalan’, pihaknya akan melayani 24 jam bagi masyarakat yang membutuhkan. Disamping itu mobil ambulance ini sudah dilengkapi dengan seperangkat pemulasaraan jenazah.

“Ini semua warga, tak hanya warga RW 03 saja. Kami siap layani 24 jam penuh untuk warga yang membutuhkan,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Cirebon Hj. Eti Herawati mengapresiasi peluncuran ambulance ini. Dikatakan Eti, langkah yang dibangun PKM ini sangat luar biasa, pasalnya semangat kebersamaan masyarakat mampu menghasilkan produk yang mampu memuji kebutuhan masyarakat sekitarnya.

“Ini langkah luar biasa. Dengan semangat kebersamaan dari warga, donatur bisa terwujud mempunyai mobil ambulance,” ucapnya.

Eti tak menampik, bahwa Pemerintah Daerah Kota Cirebon saat ini masih belum bisa memenuhi semua kebutuhan masyarakat. Namun, PKM ini mampu mewujudkan impiannya dengan mandiri.

“Semoga inovasi yang dilakukan PKM ini dapat menjadi contoh untuk dilakukan di wilayah lainnya,” terangnya.

Sementara itu, Lurah Kesenden, Ruliyanto menuturkan, pihaknya sangat mendukung kegotongroyongan dan kesolidan masyarakat yang memiliki jiwa sosial yang tinggi.

“Ini sebagai bukti bahwa masyarakat di wilayah Kesenden mempunyai rasa kepedulian terhadap sesama sehingga akan menjadi pondasi yang baik dalam bermasyarakat,” tuturnya.

Ruli menambahkan, pihaknya akan memberikan dukungan dan terus mendampingi kegiatan – Kegaitan yang ada di masyarakat.

“Hal positif ini akan terus kami dukung dan mendampingi masyarakat baik pemberdayaan perekonomian maupun kegiatan sosial lainnya,” pungkasnya. (Kris)