Agus : Investor Dihimbau Membuka Lapangan Pekerjaan Sebesar-besarnya

0
484
KOTA CIREBON.- Setiap investor (pengusaha) yang membuka lapangan kerja baru di Kota Cirebon dihimbau untuk membuka lapangan pekerjaan sebesar besarnya bagi warga Kota Cirebon, serta memprioritaskan warga sekitar bekerja di tempat mereka. Di saat yang bersamaan, kompetensi warga juga harus ditingkatkan.

“Alhamdulillah untuk Transmart yang baru buka kemarin, sebanyak 65,70 persen merupakan warga Kota Cirebon. Sebenarnya dalam undang-undang ketenagakerjaan tidak boleh ada diskriminasi, ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja  (Disnaker) Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, S.sos , Selasa (30/1).
Disisi lain Agus juga meminta agar warga Kota Cirebon juga tidak boleh bekerja seenaknya, karena disetiap tempat kerja manapun ada peraturan yang harus ditaati bersama.
“Jangan mentang-mentang warga kota selanjutnya mereka bekerja tidak sesuai dengan aturan,” kata Agus.
Agus menambahkan jika Pemerintah Daerah Kota Cirebon berkomitmen untuk terus mengurangi angka pengangguran. Pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan program pelatihan kerja untuk meningkatkan keterampilan.
“Setiap warga Kota Cirebon bisa mendaftar secara gratis, tanpa dipungut biaya, masyarakat pun harus terus tingkatkan kompetensinya,” ujar Agus.
Di tahun ini akan ada 16 paket pelatihan yang akan diselenggarakan. Sebanyak 2 paket dananya bersumber dari APBD Kota Cirebon dan 14 paket mendapatkan dukungan dana dari APBN. (alay G)