Adi Vivid, Netralitas Walpri Sudah Terjamin

0
389
KOTA CIREBON.- Kapolres Cirebon Kota AKBP. Adi Vivid AB menyatakan bahwa jajarannya siap mengamankan jalannya pilkada Kota Cirebon dan menjaga netralitas anggotanya. Hal tersebut juga termasuk para pengawal pribadi (walpri) yang ditugaskan memang untuk menjaga masing-masing paslon.

“Semua walpri ini sudah dilatih tentang bagaimana cara menembak, pengamanan VVIP, serta netralitas,” jelasnya usai mengikuti rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon peserta pemilihan walikota dan wakil walikota Cirebon di Aula Kantor KPU Cirebon, Jl. Palang Merah Kota Cirebon, Senin (12/2).
Adi Vivid melanjutkan, walpri yang ditugaskan untuk menjaga paslon berjumlah 21 orang, yakni satu orang perwira yang bertugas mengkoordinir, 2 orang untuk ketua KPU, 2 orang untuk ketua Panwaslu.
“Yang 16 ini masing-masing 8 orang untuk pasnagan Bamunas-Edo, dan 8 orang untuk pasangan Azis-Eti,” terangnya.
Adi Vivid menjelaskan, walpri ini sangat dijaga netralitasnya. Tugas mereka hanya menjaga keamanan. Jadi, mereka tidak diperbolehkan untuk ikut-ikutan mengenakan atribut kampanye atau hal-hal lain yang menunjukan dukungan kepada salah satu paslon.
Selain itu, demi menunjang para walpri untuk bertugas, mereka akan disediakan dua pakaian tactical dan safari. Sehingga, merek tidak diperkenankan menggunakan pakaian dari paslon yang mereka jaga.
“Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita sudah melatih mereka dari hak yang terkecil hingga yang besar, supaya netralitas tersebut tetap dijaga,” pungkasnya.