Ada Nepotisme di PTPN IV

0
294

Inapos, Medan.- Tolong menolong antar sesama sahabat dalam hal pindah memindah jabatan sebenarnya sebuah hal yang tak lazim, sehingga akibat ketidak laziman tersebut menghasilkan pemimpin yang kurang cakap di bidangnya karena belum layak namun dipaksakan.

Hal inilah yang terjadi pada posisi General Manajer (GM) Distrik 3 PT. Perkebunan Nusantara IV. Salah seorang Dewan Komisaris (Dekom) disebut-sebut punya kedekatan dengan General Manager Distrik 3 diketahui berinisial FO, akibat kedekatan tersebut sehingga diduga telah terjadi lobi-lobi nepotisme antara FO dan oknum Dekom yang saat itu masih menjabat sebagai manajer sawit langkat agar dapat promosi jabatan menjadi GM di PTPN IV.

Padahal menurut Ridwan Saragih, SE yang merupakan aktivis pemerhati Kinerja Holding Perkebunan Indonesia mengatakan bahwa sebenarnya dari hasil amatan etos kerja FO bisa dikatakan masih dibawah rata-rata, namun karena kedakatannya dengan oknum Dekom Direksi PTPN IV pun seakan tidak memperdulikan pencapaian prestasi untuk menempatkan sesorang memimpin beberapa unit kebun yang menjadi ujung tombak incame PT. Perkebunan yang beralamat di jalan Letjen Suprapto tersebut. “Kita menduga FO minta tolong kerabatnya (oknum Dewan Komisaris PTPN IV ) untuk melobi direksi agar dirinya dapat di tunjuk menjadi GM walaupun sebenarnya Direksi tau kinerja FO selama ini, tapi karena FO diduga pakai orang yang tepat untuk melobi sehingga direksi tidak bisa berbuat banyak,” Ucap Ridwan Saragih, Kamis (28/12/17).

Selain dari segi kinerja, Ridwan juga menilai pengangkatan FO terlalu di paksakan karena yang bersangkutan secara kepangkatan (golongan) dan pengalaman kerja dinilai belum layak. “Dari segi Golongan pangkat dan pengalaman kerja pun masih jauh dan ini harus segera diselidiki sampai tuntas karena ada nepotisme dan penyalahgunaan wewenang, “tegas putra asal Stabat Kabupaten Langkat yang berkiprah di jakarta ini. (Elwan)


Komentar Anda?