Ada Banjir dan Gempa, Menag Instruksikan Jajaran Tanggap Darurat

0
56

JAKARTA.- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas merasa prihatin dengan banjir dan gempa yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia dalam satu minggu terakhir. Ia pun meminta jajarannya untuk segera melakukan tanggap darurat serta doa bersama lintas agama guna meringankan beban masyarakat terdampak.

“Segera bentuk tim tanggap darurat, inventarisir juga satuan kerja Kemenag yang terdampak di daerah untuk segera kita dapat membantu. Inventaris juga pihak-pihak yang mungkin dapat diajak kolaborasi untuk dapat segera memberikan serta menyampaikan bantuan tepat kepada sasarannya,” tegas Menag saat memimpin rapat pimpinan di Kantor Kementerian Agama, Senin (18/1/21).

Turut hadir dalam rapat pimpinan, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar, Dirjen Pendidikan Islam M. Ali Ramdhani, serta para Staf Khusus Menteri Agama.

Menag juga menyampaikan pentingnya mengajak masyarakat untuk berdoa bersama guna menghadapi berbagai persoalan yang saat ini dihadapi bangsa.

“Kita juga perlu membuat doa bersama untuk mengetuk pintu langit, mohon kepada Yang Maha Kuasa agar peristiwa (banjir dan gempa) ini tidak berkelanjutan. Mari bersama dengan tokoh lintas agama kita melangitkan doa,”imbuhnya.

Menanggapi instruksi Menag, Sekjen Nizar Ali menyampaikan  saat ini SK Tim Tanggap Darurat telah disusun, dan rekening Kemenag Peduli juga akan dirilis hari ini. “Kita akan segera mengerahkan seluruh satuan kerja untuk dapat mengumpulkan dan menyalurkan bantuan kepada masyarakat berdampak,” ujar Nizar. (Red)