KABUPATEN CIREBON.- Banjir yang melanda beberapa wilayah di Kota dan Kabupaten Cirebon direspon oleh lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cirebon dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI).

Jum’at (07/02) petang tim ACT mendatangi salah satu daerah terdampak banjir yaitu Desa Jagapura Kidul kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon.

“Kami mendapat informasi banjir disini terjadi sejak hari kamis kemarin dan sampai sore ini masih banyak rumah yang tergenang.” Kata Umar Rojana, Koordinator Relawan ACT yang turun ke lokasi. Ia datang bersama tiga relawan lainnya dan dibantu warga setempat.

“Sebagian besar sudah mulai surut, tidak perlu proses evakuasi. Jadi kami mengirimkan bantuan makanan siap santap untuk warga yang masih bertahan di kediamannya masing-masing.”

Umar menambahkan, tim relawan dari ACT dan MRI mendistribusikan sekitar 110 box makanan siap santap, air minum kemasan dan beberapa obat-obatan yang didistribusikan langsung dengan mendatangi warga yang masih berjaga, sebagian ada juga warga yang mengungsi di rumah tetangga.

Desa Jagapura Kidul, Kecamatan Gegesik menjadi salah satu wilayah yang terdampak banjir di kabupaten Cirebon, wilayah lain yang Jum’at sore terdampak diantaranya kecamatan Susukan, Suranenggala dan Gunung Jati.

“Kami terus siaga dan koordinasi antar tim relawan, jika ada banjir susulan baik di Kota atau Kabupaten Cirebon atau laporan warga yang kemungkinan timbul sakit akibat banjir ini. Biasanya penyakit dampak banjir adalah gatal-gatal dan diare, maka dibutuhkan bantuan obat-obatan. Kami akan berusaha membantu dengan sumber daya yang ada,” paparnya.

Darman, mewakili warga blok tamanan Desa Jagapura Kidul yang terdampak banjir mengucapkan terimakasih pada ACT yang sudah turut membantu warga.

“Terimakasih kepada tim Aksi Cepat Tanggap yang sudah memberikan bantuan makanan pada warga kami, bantuan ini sangat bermanfaat,” pungkasnya. (Kris)