Acara Tradisi Satuan Penyambutan Pimpinan Baru Kodam IV/Diponegoro Penuh Hikmat

0
116
Tradisi satuan penyambutan Pangdam IV/Diponegoro dari Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari kepada Mayjen TNI Rudianto di Makodam IV/Diponegoro. (Foto dok. PendamIV)

INAPOS.COM – Pimpinan tertinggi Kodam IV/Diponegoro resmi diserahterimakan. Jabatan Pangdam IV/Diponegoro kini diemban oleh Mayjen TNI Rudianto yang sebelumnya menjabat Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam. Sementara itu Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si., mendapatkan kepercayaan menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad).

Rangkaian tradisi satuan penyambutan Pangdam baru, dilaksanakan dengan penuh hikmat dan tetap menerapkan protokol kesehatan pada hari ini, Sabtu (6/3/2021) di komplek Makodam IV/Diponegoro, Jl. Perintis Kemerdekaan, Watugong, Semarang, Jawa Tengah.

Kegiatan diawali dari hormat berjajar dari Regu Jaga Kesatrian, Pangdam IV/Diponegoro beserta Ibu menuju Makodam IV/Diponegoro dipandu Cucuk Lampah dan Putri Domas serta dikawal Prajurit Tradisi. Berikutnya adalah pembacaan Identitas Prajurit Diponegoro serta Pengukuhan Ibu Raksakarini Sri Sena Kodam IV/Diponegoro dan penyerahan Risalah Sertijab dari Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si., kepada Pangdam IV/Diponegoro baru. Rangkaian dilanjutkan dengan apel bersama yang diikuti para Prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro serta perwakilan dari Satpur dan Banpur.

Dalam amanatnya Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari mengatakan dirinya merasa sangat bangga bisa menjadi bagian dari keluarga besar Kodam IV/Diponegoro yang sarat prestasi. “Seluruh prajurit dan keluarga besar Kodam IV/Diponegoro, juga ditekankan agar tetap menghayati ajaran dan nilai-nilai kejuangan Pangeran Diponegoro yaitu jujur, berani, dan peduli. Disamping itu juga agar selalu menjaga soliditas, loyalitas dan rasa pengabdian yang tulus kepada bangsa dan negara,” ungkapnya.

“Tentara disusun oleh satu landasan yang kuat yaitu Pancasila. Kita harus yakin, dengan berpegang teguh pada Pancasila inilah yang akan membuat kita mampu mengatasi berbagai rintangan dengan pengabdian yang tulus dan ikhlas,” lanjutnya.

Pejabat baru Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto menambahkan bahwa Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari adalah pribadi yang sangat konsisten terhadap permasalahan disiplin, kinerja satuan dan profesionalisme dengan kompleksitas permasalahan yang sangat tinggi.

“Salah satu komitmen penting yang mampu diaktualisasikan oleh beliau adalah komitmen untuk selalu menumbuh kembangkan jiwa korsa, rasa kebersamaan dan kreatifitas seluruh warga Kodam IV/Diponegoro. Banyak kegiatan yang dilahirkan dari ide-ide kreatif beliau yang perlu kita lanjutkan dan kita tingkatkan” tandasnya. (er)