6 Kelebihan dan 4 Kekurangan Samsung Galaxy Note20 Ultra

0
107

Samsung kembali meramaikan pasar smartphone flagship pada Agustus lalu. Kali ini datang dari keluarga note series yakni Samsung Galaxy Note20 Ultra. Perangkat terbaru Samsung ini sasarannya mengarah kepada para pekerja kreatif.

Samsung telah banyak melakukan inovasi-inovasi baru. Tentunya sudah banyak peningkatan dibanding seri note pendahulunya, baik dari segi tampilan hingga fitur-fitur andalannya.

Tentu saja harga yang ditawarkan tidak main-main. Perangkat ini dibanderol dengan harga hampir 20 juta. Samsung mengklaim harga tersebut setimpal dengan fitur-fitur canggih yang ditawarkan.

Jika melihat harga official perangkat ini, tentu itu bukan harga yang murah. Lalu apa saja yang membuat Samsung memberi harga yang begitu tinggi. Tentu Anda penasaran bukan? Untuk menjawab rasa penasaran Anda, mari kita bandingkan kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy Note20 Ultra.

Kelebihan Samsung Galaxy Note20 Ultra

1. Layar Super Besar

Kelebihan pertama smartphone ini adalah layar yang dimilikinya. Layar smartphone ini tampak melengkung dan keempat ujungnya tampak menyiku. Sehingga membuat tampilannya lebih luas dan besar.

Smartphone ini dibekali layar berukuran 6,9 inci dengan dimensi 164,8 x 77,2 x 8,1 mm. Smartphone ini juga turut disempurnakan oleh panel Dynamic AMOLED 2X dan juga memiliki resolusi tinggi yakni 1440 x 3088 pixels.

Kalau untuk ketahanan layarnya tidak perlu diragukan lagi karena layar smartphone ini sudah dilapisi Corning Gorilla Glass Victus yang diklaim sangat tahan banting.

2. Fitur Kamera Canggih

Kelebihan Samsung Galaxy Note20 Ultra terletak pada 3 kamera yang tersusun dibelakang terdiri dari 12MP Ultra Wide Camera, 108MP Wide-angle Camera, 12MP Telephoto Camera, dan Laser AF Sensor. Sementara kamera depan Samsung Galaxy Note20 Ultra memiliki resolusi 10 MP dan aperture f2.2.

Kamera utama 108 MP mampu menghasilkan kualitas gambar yang sangat ciamik. Anda juga dapat memperbesar bagian latar belakang foto dan ini akan menghasilkan kualitas gambar yang tak kalah dengan gambar yang menjadi fokus utama. Anda juga bisa memilih Warna Background untuk Selfie berkat fitur singke take.

Yang menarik lagi kamera smartphone ini memiliki kemampuan 5X pembesaran optik (Optical Zoom). Ada pula variasi zoom lainnya secara hibrida (Hybrid Zoom) yakni hingga 50x. Ini berkat lensa periscope telefoto 12 MP yang mampu menangkap gambar jauh dengan jelas.

Sedangkan dalam hal perekaman video, kamera ini memiliki berbagai macam resolusi, yakni 1080p, 4K, dan bahkan 8K. Resolusi 8K ini mengusung rasio 16:9 (7680 x 4320 piksel) dan 21:9 (7680 x 3296 piksel), serta berjalan pada kecepatan 24 FPS. Resolusi ini memang cukup jarang untuk ponsel di rentang harga di bawahnya.

3. Stylus Pen Mengalami Peningkatan

Seperti yang kita ketahui Stylus Pen (S Pen) merupakan ciri khas dari Galaxy Note series. S Pen pintar terbaru Galaxy Note20 Ultra ini memiliki kemampuan dengan angka latensi/ jeda waktu ketika menulis menjadi 9 ms, sedangkan generasi S Pen sebelumnya yang mencapai 42 ms. Tentu ini adalah peningkatan yang berkali-kali lipat.

Samsung juga berinovasi dengan fitur terbarunya yakni S Notes yang berkolaborasi dengan S Pen, ini mampu mengubah tulisan tangan ke teks, screen-off memo untuk pintasan catatan, dan mengonversi file menjadi format PPT, word, serta PDF.

4. Fitur Wireless DeX

Fitur ini dapat menghubungkan Samsung Galaxy Note20 Ultra ke Smart tV melalui Wi-Fi dan memproyeksikan konten untuk mendapatkan tampilan yang lebih jelas di layar dan kita tetap dapat mengoperasikan smartphone.

Dengan fitur Samsung Wireless DeX ini, maka tidak lagi memerlukan konektor khusus atau koneksi kabel untuk menggunakan seluruh fitur DeX.

5. Fitur Audio yang Memukau

Fitur ini dinamakan Multi-Source Microphone dan mempergunakan kombinasi dari tiga mic di lokasi yang berbeda – rear (belakang), front (depan), dan omni (segala arah).

Apabila Anda memilih mode rear, maka suara yang lebih terdengar jelas datang dari belakang ponsel. Sebaliknya, jika Anda ingin supaya pembicaraan Anda terdengar jelas, sebaiknya pilih mode depan. Sedangkan, mode omni menangkap suara yang seimbang dari segala arah.

Fitur perekaman video yang satu ini dapat membantu pengguna agar suara yang terekam pada mic lebih terdengar jelas, yakni dengan memberitahukan ponsel ini di mana letak arah suara berasal.

Selain menentukan arah sumber suara, fitur ini juga dapat menampilkan audio input level serta memungkinkan Anda untuk mengatur volume suara yang ingin ditangkap oleh mic.

6. Baterai Tahan Lama

Samsung Galaxy Note20 Ultra memiliki baterai tipe Li-Ion yang berkapasitas lebih besar mencapai 4.500 mAh. Didukung pula dengan teknologi AI agar baterai bisa lebih hemat dan tahan berhari-hari dalam keadaan On.

Perangkat ini juga didukung fitur fast charging 25W, mendukung pengisian cepat 50% dalam 30 menit. Ditambah, smartphone ini telah mengusung teknologi fast wireless charging dan reverse wireless charging 9W.

Kekurangan Samsung Galaxy Note20 Ultra

1. Layar Licin

Seperti yang sudah kita bahas pada kelebihan pertama Samsung Galaxy Note20 Ultra yaitu terletak pada layarnya yang besar berukuran 6,9 inci dengan dimensi 164,8 x 77,2 x 8,1 mm.

Smartphone ini pun sudah dilapisi Corning Gorilla Glass Victus. Namun perangkat ini sangat terasa licin ketika digenggam penggunanya terutama yang memiliki tangan berukuran kecil. Hal ini mengurangi kenyamanan ketika mengetik dan berselfie ria.

2. Wadah Kamera Menonjol

Salah satu ciri khas Samsung Galaxy Note20 Ultra yaitu terletak pada 3 kameranya yang tersusun dibelakang. Masing-masing kameranya mengusung kemampuan yang tak perlu diragukan lagi.

Namun wadah kameranya yang berbentuk persegi panjang tampak menonjol dan besar. Sehingga beresiko terbentur atau bahkan tergores saat diletakkan. Walaupun sejatinya kamera smartphone ini dilapisi kaca tebal dan tidak gampang tergores.

3. RAM Mengalami Penurunan

Samsung Galaxy Note20 Ultra memiliki kapasitas RAM (Random Access Memory) 8 GB. Jika kita bandingkan dengan seri pendahulunya yakni Samsung Galaxy S20 tentu saja mengalami penurunan. Pasalnya seri S20 memiliki kapasitas RAM 12 GB.

Walaupun demikian Samsung Galaxy Note20 Ultra mengalami peningkatan pada penyimpanan internalnya yakni berbasis UFS versi 3.1. Yang dimana pada seri S20 masih berbasis UFS versi 3.0.

4. Posisi Speaker

Jika membahas kekurangan smartphone ini mungkin banyak yang tak terpikirkan persoalan speaker, karena terlanjur terpukau dengan desain dan fitur-fitur canggihya.

Dari banyak kelebihan yang ditawarkan, ada yang sangat disayangkan yakni posisi speaker yang diletakkan di bawah bagian kiri. Sehingga ketika digunakan dalam posisi landscape, speaker akan tertutup oleh jari maupun telapak tangan terutama saat mengetik dan nge-game.

Kesimpulan

Setiap produk pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika dilihat Secara keseluruhan, Samsung Galaxy Note20 Ultra saat ini adalah salah satu smartphone flagship terbaik dikelasnya.

Kekurangan-kekurangan yang sudah dijelaskan diatas tentu tidak sebanding dengan kelebihan-kelebihan yang menjadi andalan smartphone ini. Kami yakin Anda lebih dulu akan terpukau dengan desain dan fitur-fitur canggih yang diusungnya, ketimbang mencari kekurangannya. Setiap orang pasti punya standar selera masing-masing, semua pilihan ada ditanganmu.