Rabu, Juni 19, 2024

Duterte Perluas Larangan Bekerja di Kuwait

Date:

Share post:

MANILA,- Larangan bekerja di Kuwait bagi warga Filipina pada Senin (13/02/2018) kemarin diperluas setelah Presiden Rodrigo Duterte mengecam negara Teluk itu karena laporan mengenai penganiayaan dan eksploitasi tenaga kerja Filipina di sana.Pihak berwenang menyatakan 252.000 warga Filipina bekerja di Kuwait, kebanyakan sebagai asisten rumah tangga. Mereka termasuk di antara lebih dari dua juta orang yang bekerja di kawasan itu, dan kiriman uangnya menjadi sumber ekonomi Filipina.

Larangan tersebut diumumkan Menteri Ketenagakerjaan Filipina Silvestre Bello, pada Senin (13/02/2018) kemarin, termasuk warga Filipina yang telah mendapatkan izin kerja namun belum berangkat ke negara kaya minyak itu.

Pihak berwenang belum mengesampingkan pencabutan izin kerja bagi warga Filipina yang saat ini bekerja di Kuwait atau pekerja yang memperpanjang kontrak kerjanya.

“Dengan munculnya serangkaian laporan yang melibatkan penganiayaan dan kematian tenaga kerja Filipina di Kuwait, larangan total terhadap penempatan semua tenaga kerja Filipina di luar negeri dengan ini diberlakukan, Perintah ini segera berlaku,” kata Bello, membacakan sebuah perintah seperti dikutip AFP.

Langkah baru tersebut dilakukan setelah Duterte bulan lalu melarang orang Filipina mencari pekerjaan di Kuwait, meski larangan tersebut membebaskan mereka yang telah mendapatkan izin.

Departemen Luar Negeri Filipina menyatakan pihak berwenang sudah memulangkan lebih dari 10.000 warga Filipina yang melampaui izin tinggal di Kuwait, memanfaatkan program amnesti yang dijalankan bekerja sama dengan pemerintah Kuwait. Para pejabat mengatakan mengincar China dan Rusia sebagai “pasar alternatif” bagi tenaga kerja yang ingin ke luar negeri. (Net)

spot_img

Related articles

Sambut Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Metro Jaya Gelar Olahraga Bersama Forkopimda

JAKARTA.- Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, S.I.K. pimpin Upacara Pembukaan rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024...

Pertamina RU VI Balongan Tebar 132 Hewan Kurban, Bantu Masyarakat Sekitar Merayakan Iduladha

BALONGAN.- Dalam rangka merayakan Idul Adha 1445 H, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan kembali...

Polda Metro Jaya Bongkar Sindikat Uang Palsu Rp 22 Miliar di Jakarta Barat

JAKARTA.- Polda Metro Jaya berhasil mengungkap sindikat pengedar uang palsu dengan barang bukti senilai Rp 22 miliar di...

Rutan Cirebon Rayakan Iduladha 1445 H dengan Berbagai Kegiatan dan Pembagian Daging Kurban

KOTA CIREBON.- Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cirebon melaksanakan perayaan Idul Adha 1445 H pada 10 Zulhijah...