Imam Masjidil Haram Sebut Jemaah Indonesia Lembut dan Tawadhu

0
615

JAKARTA.- Imam Masjidil Haram Syeikh DR Hassan Bin Abdul Hamid Al Bukhari menyebut jemaah Indonesia sebagai rombongan yang terpuji, lembut, dan tawadhu atau rendah hati.

“Saya melihat bahwa jamaah haji Indonesia itu adalah rombongan yang terpuji. Orangnya lembut-lembut dan tawadhu (rendah hati). Ini sangat menyenangkan di hati orang Muslim di manapun,” kata Syeikh DR Hassan Bin Abdul Hamid Al Bukhari kepada Tim Media Center Haji Indonesia di Umm Al Qura University Mekkah, Minggu (21/7).

Ia mengatakan, dengan kelembutan dan kerendahhatian jemaah Indonesia juga suka saling membantu dan saling menolong. Selain itu ia juga menilai jemaah Indonesia terlihat tertib dan hal ini dianggapnya merupakan anugerah dari Alloh.

“Saya juga melihat mereka punya kedisiplinan yang tinggi walaupun Indonesia itu jemaah hajinya paling banyak di dunia, tidak menjadikan itu penghalang untuk mereka selalu disiplin. Jumlah mereka besar, tertib,” kata Dekan Ma’had Lughoh Arrabiyah Umm Al Qura University Mekkah itu.

Dan ini kata dia menjadi budaya bagi jemaah haji Indonesia. “Kami berharap terus mudah-mudahan kondisi ini bisa dipertahankan dan bisa ditingkatkan agar lebih baik,” katanya.

Pada kesempatan itu, ia mendoakan agar pelaksanaan ibadah haji berjalan dengan baik dan lancar.

“Ya Alloh, dengan kemurahan-Mu jadikanlah semua haji, haji dari Indonesia maupun haji dari belahan negara Muslim di dunia, telah datang kewajiban haji bagi kalian semoga Alloh memberikan kemudahan bagi urusan kalian para haji dan Alloh menerima ibadah kalian,” doanya. (Red)