Band Bawah Tanah Akan Gelar Konser Besar

0
438

Inapos, Jakarta.- Sejumlah band ‘bawah tanah’ era 90-an akan unjuk gigi dalam sebuah acara besar yang akan berlangsung pada 2 Desember mendatang. Diantaranya seperti Pas Band, Burgerkill, Siksa Kubur, Tipe X, North Batavia, Toilet Sound, EsCoret, Sarcastics dan Kodusa yang akan menggetarkan panggung Ancol Beach City, Jakarta.

Bukan tanpa alasan acara ini digelar oleh penggagas acara, Adjie Rimbawan. Menurutnya, acara ini berawal dari ide untuk membuat pagelaran musik underground yang menampilkan band lawas era akhir 90-an.

“Kami sangat berharap anak muda milenial kekinian mengetahui bahwa pernah ada era komunitas anak muda kreatif. Bermusik dari dan untuk mereka, komunitas underground. Pada zamannya kegandrungan akan musik ekspresif menjadi sebuah tren,” ujar Adjie di Warung Apresiasi, Jakarta, Jumat (12/10/18).

Selain sejumlah band underground legendaris era 90-an, kata Adjie, Rockin Jakarta ini juga akan disemarakkan oleh 10 band, yang akan melalui jalur audisi. Selain itu, ada sejumlah band ‘bawah tanah’ kekinian seperti Kudeta, yang digawangi Vicky Prasetyo dan Denied.

Audisi untuk meramaikan Rockin Jakarta pun terbuka untuk umum. Jadi semua orang dapat mendaftar dengan hanya membeli lima lembar tiket acara.

“Kriteria musiknya bebas namun lebih diutamakan underground, seperti ska, metal, hardcore, grunge dan lain sebagainya,” terang Adjie.

Project Leader CIKS Pro ini juga menjelaskan, bukan hanya bisa tampil di panggung Rockin Jakarta. Band yang lolos audisi nantinya juga akan memperoleh tambahan ilmu melalui Coaching Clinic yang dimentori pemain band kenamaan.

“Mari kita bermemori ria yang berdinamika di akhir 90-an. Juga buat anak muda milenial bahwa pernah ada ada band-band yang lahir dari kalangan mereka,” pungkasnya.

Salah satu punggawa Kudeta, Ari Goteng berharap acara ini dapat menjadi ajang silaturahmi antar pencinta musik underground. Ia berharap, acara Rockin Jakarta ini lebih menambah pergerakan musik ‘bawah tanah’ Jakarta.

“Mudah-mudahan Rockin Jakarta lebih menambah pergerakan musik. Semoga Rockin Jakarta dapat mengembalikan kejayaan musik bawah tanah,” katanya.

Perwakilan dari Trashline, Daru mengaku bandnya siap untuk menyemarakkan acara ini. Apalagi selama era 90-an, musik underground sempat berbicara banyak di belantika musik Indonesia.

“Saya harap semua bisa nyatu, ini momennya pas untuk come back semua band yang ada di era 90-an,” tuturnya.

Sementara itu, sebagai bentuk rasa kepedulian sosial CIKS Pro akan mendonasikan 5% dari hasil penjualan tiket untuk korban bencana alam di Donggala, Mamuju, Palu serta Lombok.

“Adapun harga tiketnya kemungkinan berkisar Rp80 ribu, sudah termasuk biaya masuk ancol dan pajak,” pungkasnya. (El)