247 Lansia Kabupaten Semarang Dilatih Membatik Shibori

0
124

UNGARAN.- Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Kabupaten Semarang menggelar pelatihan membatik Shibori bagi warga lanjut usia. Pelatihan dilakukan di bengkel kerja kelompok batik shibori “Sidomaju Lansia” Dusun Karang Lo, Desa Kenteng, Bandungan.

“Program ini merupakan agenda pemberdayaan Komda Lansia bagi lansia potensial yang masih mampu berkarya,” kata Sekretaris Komda Lansia Sri Sunariningsih Rismonowati di sela-sela kegiatan pelatihan, Selasa (3/11/20).

Dijelaskan dia, salah satu misi Komda Lansia adalah membuat lansia Kabupaten Semarang tetap sehat, mandiri dan sejahtera. Karenanya, berbagai program dilaksanakan untuk memberdayakan warga lanjut usia yang masih potensial dan mampu berkarya. Termasuk di antaranya mengadakan berbagai pelatihan.

“Pemberdayaan ini dimaksudkan juga untuk meningkatkan usia harapan hidup para lansia tersebut,” terangnya.

Saat ini, lanjut Sri Sunariningsih, jumlah lansia tercatat sebanyak 124.568 orang dari total sekitar satu juta orang penduduk di Kabupaten Semarang. Sedangkan usia harapan hidup penduduk saat ini mencapai 73 tahun.

Ditambahkan, Komda Lansia Kabupaten Semarang juga sedang merintis sekolah khusus warga Lansia. Tujuannya untuk membekali para lansia dengan berbagai pengetahuan. Satu sekolah sudah terbentuk di Desa Gedong Banyubiru dan akan melakukan wisuda pada tahun ini.

Ketua Kelompok Batik Shibori Lansia Sidomaju Kenteng, Maria Ana Sriwati (67) mengatakan, teknik celup kain dari Jepang yang menghasilkan kain aneka pola dan warna itu dinilai mudah dilakukan para lansia.

“Polanya hanya lipat, ikat dan celup bahan pewarna untuk menghasilkan kain batik aneka motif,” jelasnya.

Menurut Maria, pembuatan batik shibori di Desa Kenteng terbukti mampu memberdayakan puluhan warga lansia di sana. Bahkan, bisa mendapatkan pendapatan rata-rata Rp1 juta per bulan.

Koordinator pelaksanaan pelatihan, Siti Maghfiroh menjelaskan, pelatihan membatik shibori akan dilaksanakan mulai Selasa (3/11/2020) hingga Rabu (18/11/2020). Peserta sebanyak 247 orang lansia yang berasal dari 19 kecamatan.

“Pelaksanaan terbagi dalam tujuh angkatan dan akan dilaksanakan di Bandungan, Banyubiru, Tengaran dan Pabelan secara bergiliran,” rincinya.

Pelatihan yang dibiayai bansos Komda Lansia 2020 itu, lanjutnya, diharapkan dapat menyejahterakan warga lansia potensial. (RS)