2.180 Jiwa Terdampak Banjir di Serang

0
330

BANTEN.- Hujan deras telah menyebabkan beberapa desa terendam banjir di Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang Provinsi Banten pada Rabu (7/3/2018) pukul 07.00 Wib.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Kepala Pusat Data dan Informasi serta Humasnya Sutopo Purwo Nugroho pada Rabu (7/03/2018) bahwa lokasi yang mengalami banjir adalah kampung Sukamaju, desa Citasuk, kampung Bayur, kampung Sukajaya, desa Kalumpang semuanya di kecamatan Padarincang, kabupaten Serang, Provinsi Banten

Dalam keterengan persnya tersebut, Sutopo menyampaikan bahwa 465 KK atay 2.180 jiwa masyarakat yang terdampak banjir di kampung Sukajaya sebanyak 330 KK atau 1.530 jiwa. Kampung Bayur sebanyak 90 KK / 500 Jiwa terdampak. Kampung Sukajaya sebanyak 45 KK / 150 Jiwa terdampak.

Kerugian Materil yang dialamai yaitu 465 unit rumah terendam dengan tinggi banjir 20-100 cm tersebar di:
• Kamp. Sukajaya sebanyak 330 Unit rumah terendam.
• Kamp. Bayur sebanyak 90 Unit rumah terendam
• Kamp. Sukajaya. sebanyak 45 Unit rumah terendam.

Banjir yang melanda Serang, Banten ini terjadi akibat cuaca hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan drainase dan sungai meluap.

Hingga berita ini diturunkan, BPBD Kabupaten Serang dalam menangani bencana ini berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait seperti TNI, Polri, aparat kecamatan, anggota RAPI dan lainnya.

BPBD Kabupaten Serang memberangkatkan tim reaksi cepat guna melakukan pendataan. Disamping itu BPBD memberangkatkan personil dengan peralatan lengkap (Perahu karet, pelampung, tenda posko) guna melakukan penangan awal.

Bagi masyarakat yang terdampak tersebut membutuhkan Perahu karet serta pelampung, Tenda Posko serta Logistik.

Kondisi mutakhir lokasi hingga siang ketinggian air 20-70 cm di pemukiman warga. (Rils/Red)