Pacu Jawi Dukung Pariwisata Tanah Datar

Pacu Jawi Dukung Pariwisata Tanah Datar

TANAH DATAR,- Irdinansyah Tarmizi sangat mengapresiasi  hubungan dan kerjasama antara masyarakat rantau dan kampung halaman Nagari Padang Magek Kecamatan Rambatan membangun nagari terjalin sangat baik.

Hal tersebut disampaikan oleh diapresiasi Irdinansyah saat penutupan alek nagari pacu jawi yang dihelat di areal Sawah Jambu Nagari Padang Magek Kecamatan Rambatan, Sabtu (21/07).

“Banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan untuk kemajuan kampung halaman, ini tentunya tidak terlepas hubungan dan kerjasama yang baik antar unsur masyarakat terutama dukungan dari perantau,” ujar Bupati pada sambutannya.

Menurutnya, perantau dan masyarakat Padang Magek pada Idul Fitri yang lalu menggelar halal bi halal pulang basamo Ikatan Keluarga Padang Magek (IKPM) se Nusantara, bedah rumah, pengumpulan dana pembangunan Masjid Raya Tawakkal Padang Magek dan menggelar alek pacu jawi.

“Atas nama pemerintah daerah, kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih, program yang dijalankan mendukung program-program prioritas pemerintah daerah,” kata bupati lagi.

Khusus alek pacu jawi, bupati sampaikan dukungan alek ini bisa terlaksana kembali setelah vakum 20 tahun.

“Ini ibarat mambangkik batang tarandam, sekali bangkit jangan pernah tenggelam lagi, pemerintah daerah mendukung alek pacu jawi di nagari Padang Magek masuk kalender tetap iven pariwisata,” ucapnya lagi.

Bahkan dijelaskan bupati, event pacu jawi sudah masuk 10 besar nasional atraksi budaya terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018.

Senada dengan itu, Wakil Bupati Zuldafri Darma menyebutkan pacu jawi punya multiplier effect yang bisa mendukung pariwisata Tanah Datar.

“Pacu jawi mendatangkan wisatawan terutama fotografer profesional, bisa meningkatkan sektor peternakan, melestarikan tradisi budaya dan sebagai sarana hiburan masyarakat,” ucap Zuldafri yang langsung menjadi joki pacu jawi bersama Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf. Edi Sugianto dan disaksikan Ketua DPRD Anton Yondra dan Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas.

Sebelumnya Ketua IKPM se Nusantara H. Maidasril mengungkapkan keharuannya melihat antusias dan animo masyarakat menyaksikan alek pacu jawi.

“Terima kasih kepada walinagari dan masyarakat serta panitia yang sukses mengangkat acara ini, mudah-mudahan kita senantiasa bergandengan tangan membangun kampung halaman,” sebut H. Maydasril yang akrab dipanggil H. Das.

Disampaikan masyarakat Padang Magek juga punya keinginan untuk merehab bangunan masjid Tawakkal menjadi Masjid Raya. “Alhamdulillah saat ini sudah terkumpul Rp. 1,5 Milyar dari rencana kebutuhan biaya Rp. 10 Milyar hingga Rp. 15 Milyar.

Walinagari Padang Magek Syafwardi menyampaikan alek pacu terlaksana berkat dukungan perantau dan masyarakat Padang Magek.

“Alhamdulillah alek pacu jawi yang sangat diminati masyarakat berjalan sukses dan senantiasa ramai, dilaksanakan sebanyak 5 kali setiap hari Sabtu semenjak 23 Juni hingga ditutup 21 Juli 2018, terima kasih kepada semua pihak terutama kepada perantau yang terus mendukung pembangunan kampung halaman di berbagai bidang” ucapnya.

Sebelum acara ditutup dihadirkan pula kesenian perguruan silek tuo padang magek dan tari piring ciri khas budaya Minangkabau. (Jak)


Komentar Anda?