1159 Peserta Ikuti Wisuda Literasi 2019

0
192

KOTA CIREBON.- Sebanyak 1159 peserta  ikuti Wisuda Literasi 2019 yang digelar Komunitas Gerakan Literasi Masyarakat Cirebon Kota (Gelemaca Cirebon) kepada anak sekolah dari tingkat SD hingga SMP yang telah menyelesaikan tantangan membaca atau Cirebon Leader’s Reading Challenge (CLRC) jilid III.

Wisuda Literasi tersebut dilangsungkan di Gua Sunyaragi, Jl. Brigjend Dharsono By Pass, Kesambi Kota Cirebon, Kamis (28/3).

Ketua Komunitas Gelemaca Cirebon, Lilik Agus Darmawan mengatakan, program CLRC ini menantang peserta didik SD-SMP se-Kota Cirebon untuk membaca minimal 24 buku dalam 1 tahun.

“Pada tahun ketiga ini, tercatat sebanyak 999 siswa yang berasal dari 27 sekolah, serta ada sebanyak 19 SMP yang sudah rekap verifikasi untuk mengikuti wisuda literasi ini,” kata Lilik usai acara berlangsung.

Masih kata Lilik, selain siswa ada 114 guru pembimbing dari 46 sekolah. Para wisudawan dan wisudawati ini memperoleh medali.

“Peserta sangat antusias sekali, baik pembimbing dan kepala sekolahnya,” jelasnya.

Lilik melanjutkan, antusias peserta dari tahun ke tahun hingga ke wisuda literasi di tahun ketiga pesertanya terus bertambah. Di tahun pertama, hanya terdapat 300-an peserta yang diwisuda. Di tahun kedua, naik menjadi 500-an. Dan di tahun ini, sudah sebanyak 1.159 peserta.

“Ini menjadi bukti bahwa antusias siswa, guru serta sekolah di Cirebon ini luar biasa. Tentunya kami patut berbangga diri karena itu artinya pergerakan literasi,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Cirebon Hj. Eti Herawati mengapresiasi kegiatan Literasi ini karena bisa menumbuhkan kembali kesadaran pentingnya minta membaca danenulis di era Milenial ini.

“Mudah-mudahan gemar membaca, gemar menulis, gemar mendongeng menjadikan kebudayaan, tentunya harus dibiasakan sejak usia dini,” ujar Bunda Literasi Kota Cirebon. (Kris)


Komentar Anda?