Ratusan Anggota Pramuka Ikuti Perkemahan Bakti Genta Bahari di Lanal Cirebon

1
126

KOTA CIREBON.- Ratusan aggota Pramuka dari berbagai sekolah se Kota dan Kabupaten Cirebon mengikuti Perkemahan Bakti Genta Bahari, Pelatihan Bela Negara dan Kedisplinan Pangkalan TNI AL Cirebon 2019.

Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho mengungkapkan Pelatihan Bela Negara dan Kedisplinan, merupakan pengembangan untuk Pramuka Saka Bahari Cirebon.

“Generasi muda merupakan aset negara, maka dari itu mental mereka harus dilatih sejak dini,” ungkap Agung, Sabtu (14/12/19).

Menurut Agung, rangkaian pelatihan bela negara yang dilakukan TNI AL tersebut  serempak dilakukan di tiga daerah, seperti di Lanal Natuna, Lanal Cirebon dan Lanal Banyuwangi.

“Hari ini kegiatan Pelatihan bela negara dilakukan secara serempak di tiga daerah, Lanal Natuna, Lanal Cirebon dan Lanal Banyuwangi,” sebutnya.

Agung menambahkan, Sebelumnya Lanal Cirebon sudah melakukan dua kegiatan yakni pameran Alutista, Joy Sailing dan perkemahan genta bakti bahari. Pelatihan bela negara difokus kan kepada generasi muda, khususnya pelajar Pramuka Saka Bahari.

“Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pemahaman pada generasi muda mereka adalah aset negara yang harus mampu berkontribusi bela negara,” paparnya.

Bela negara tidak harus angkat senjata, generasi muda merupakan komponen cadangan.

Generasi muda, khsusnya Pramuka Saka Bahari, yang akan kita berikan penyuluhan, pelatihan pentingnya bela negara, karena bela negara tidak harus angkat senjata, tidak seperti itu, apapun kontribusi posiif yang diberikan untuk kemajuan negara,” pungkasnya.

Pelatihan ini diikuti oleh 200 anggota Pramuka Saka Bahari se-Kabupaten Kota Cirebon. Pelaksanaan pelatihan dilaksanakan selama dua hari 14 – 15 Desember.

Selama dua hari kedepan, anggota Pramuka Saka Bahari akan mendapatkan materi sesuai kebutuhan, Wawasan Nusantara / Kebangsaan, Kepemimpinan Lapangan, Kebaharian, dan Kepramukaan. (Kris)

Selama pelatihan, anggota Pramuka Saka Bahari ini berada di bawah bimbingan Perwira Paspotmar Kapten Laut (S) Gilang Pradana Wicaksono.


Komentar Anda?

1 KOMENTAR

  1. I carry on listening to the news bulletin speak about getting boundless online grant applications so I have been looking around for the most excellent site to get one. Could you tell me please, where could i find some?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here