Polres Beltim Sikat Tambang di Sungai Lenggang

Polres Beltim Sikat Tambang di Sungai Lenggang

INAPOS, Babel – Tim Gabungan terdiri dari Kepolisian Sektor (Polsek) Gantung, Polres Beltim, Satpol Air Polres Belitung Timur (Beltim), Sat Pol PP Beltim, dan Babinsa Lenggang dari Koramil Gantung melaksanakan Operasi Penertiban Tambang liar jenis rajuk/ponton isap di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Lenggang Kecamatan Gantung Kabupaten Beltim. Rabu (18/10/2017).

 

Operasi yang dipimpin langsung oleh Wakapolres Beltim, Kompol. Joko Triyono, SIK, Razia tambang liar ini berawal dari maraknya aktifitas tambang di sepanjang DAS Lenggang yang mengakibatkan keruhnya sumber air baku di PDAM Kecamatan Gantung.

 

Tim gabungan bergerak menyusuri sungai Lenggang dengan menggunakan perahu wisata rumah keong, rubberboat milik Pol Air Beltim dan Rubber Boat milik Basarnas Beltim. Mereka bergerak mulai dari kawasan wisata Rumah Keong Gantung yang berpencar dalam tiga tim, yaitu lewat teluk norman, lewat makam keramat dan lewat dermaga wisata rumah keong.

 

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut ditemukan

1 unit ponton rajuk tanpa pemilik di sungai Lenggang, 3 unit ponton TI rajuk tanpa pemilik di Sungai Lumpur, selanjutnya tim mendapatkan rajuk pada lokasi teluk norman dan keramat sebanyak 8 unit ponton rajuk yang diduga milik An, Mn, Bg, lt dan Cn.

 

Kemudian, dalam kegiatan tersebut telah dilakukan penindakan ditempat terhadap ponton2 rajuk yaitu dengan melakukan pengerusakan mesin TI rajuk sebanyak 15 unit mesin TI.

 

Selanjutnya, Wakapolres Beltim Kompol Joko triyono, SIK memerintahkan mesin tersebut agar dibongkar, dan diikuti para perwira polres beltim, personil Sat sabhara Res Beltim, personil Sat Intelkam Res Beltim, Kapolsek Gantung Iptu Robby Setiadi Purba, SE dan personil polsek gantung.

 

Dalam kegiatan lanjutan penertiban TI rajuk tersebut berhasil diamankan barang bukti alat oprasional TI rajuk yang berupa 3 unit mesin merk Tianli dan barang bukti tersebut diamankan di Mapolres Beltim.

 

Diketahui, Dilaksanakannya kegiatan penertiban aktifitas ponton TI rajuk yang beroperasi di sungai lenggang kec.gantung tersebut adalah langkah tindak lanjut adanya keluhan dan laporan dari masyarakat dengan adanya aktifitas ponton TI rajuk yang mencemari air PDAM di Kec. Gantung, sehingga air yang dikonsumsi masyarakat Kec. Gantung menjadi keruh dan kotor serta tidak layak untuk dikonsumsi.

Comments

comments