Inapos, Jakarta.- Organisasi Kemahasiswaan dan kepemudaan yang tergabung dalam Poknas (Presidium Nasional Perserikatan 45 Organisasi Tingkat Nasional) telah menggelar kemah pemuda dengan tema kegiatan ‘Pelopor Kedaulatan Bangsa Mempertegas Komitmen Pemuda Terhadap Pancasila,  UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika’.

Ginanda Siregar selaku Ketua Panitia menuturkan, kegiatan Kemah Pemuda tersebut telah digelar di Bumi Perkemahan Cimandala Bogor Jawa Barat pada 30 Oktober-03 November 2017. Kegiatan langsung dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Acara tersebut, diikuti sekitar 1000 mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam POKNAS diisi kegiatan, pelatihan kepemimpinan, stadium general, outbond, perlombaan dan lainnya.

Ginanda mengatakan, “Kemah Pemuda bertujuan mempersatukan mahasiswa dan pemuda tingkat Nasional untuk membangkitkan generasi muda atas Kesadarannya pada konsensus kebangsaan,” katanya.

Sementara itu, Presidium Nasional Poknas, Drs. Ahmad Yani Panjaitan mengatakan, Indonesia ini akan makin bisa dalam hal persatuan dan kesatuan jika diawali atas kesadaran para pemuda sebagai generasi bangsa.

Lanjut Ahmad Yani, Saat ini Indonesia butuh perubahan karakter dan mental dari segala sikap yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, seperti radikalisme, terorisme, intoleran dan lain-lain.

Diakui Yani, Indonesia sangat rentan dengan cobaan yang pemecah bela bangsa,  maka dari itu kita laksanakan kemah pemuda ini agar para pemuda makin sadar akan hak dan tanggung jawabnya sebagai anak bangsa, ungkapnya.

“Tokoh Pemuda Nasional ini menambahkan, pemuda memiliki tantangan yang jauh lebih kompleks dan rawan sehingga harus disiapkan agar lebih tangguh dan bertanggung jawab karena merekalah yang akan lebih banyak berperan dalam perkembangan bangsa di masa depan,” ujar Ahmad Yani Panjaitan.

Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh Menpora RI, hadir juga Plt Deputi Pengembangan Pemuda Jonni Mardizal dan Duta Pemuda dan Pelajar Kemenpora Gloria Natapradja Hamel, unsur Polisi dan TNI dan peserta dari setiap Provinsi. (Elwan)


Komentar Anda?