Peringati Hari Armada 2019, Lanal Cirebon Gelar Pameran Alutsista

2
248
KOTA CIREBON.- Dalam rangka Pelatihan Bela Negara dan emperingati Hari Armada RI 2019, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon pamerkan Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista) TNI AL di Grage City Mall, Jl. Pegambiran, Sabtu (7/12/19).

Kegiatan tersebut dihadiri beberapa satuan elit TNI AL yakni, Pasukan Intai Amfibi (Taifib) Marinir, Komando Pasukan Katak (Kopaska) dari Armada I, Dinas Penyelamatan Bawah Air
(Dislambair) TNI AL juga didukung oleh kendaraan logistik pendukung operasi militer serta satuan dari Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) Surabaya.
Pantauan inapos.com dilapangan, ada beberapa jenis kendaraan tempur ditampilkan, yang salah satunya adalah Multiple Laucher Rocket System (MLRS) Vampire Grad 122MM buatan Cheko. Selain itu dihadirkan pula beberapa jenis miniatur kapal perang milik TNI AL.
Komandan Lanal Cirebon, Letkol Laut (P) Agung Nugroho mengatakan bahwa TNI AL memiliki tugas untuk memberikan penyuluhan dan pengetahuan kepada masyarakat terutama generasi muda, sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.
“Kami adakan pameran Alutsista ini sebagai sarana edukasi agar masyarakat mengetahui langsung bahwa kekuatan yang dimiliki oleh TNI AL dapat diperhitungkan oleh negara-negara lain. Sehingga mereka akan merasa bangga dengan apa yang mereka miliki terkait dengan kekuatan TNI AL”, ujarnya kepada awak media.
Agung menambahkan, sebelum mengadakan pameran tersebut, TNI AL telah melakukan telah memberikan penyuluhan bela negara kepada masyarakat pesisir. Pada kegiatan itu, kata Agung, masyarakat diminta untuk dapat melakukan aksi bela negara dengan cara masing-masing.
“Semoga generasi muda lebih mencintai bangsa dan negaranya sendiri,” jelasnya.
Terpisah, Mahasiswa asal Kabupaten Cirebon, Fuji Lestari mengaku senang dengan adanya pameran Alutsista milik TNI. Sebab, kata Fuji, dengan adanya pameran tersebut ia bisa melihat secara langsung peralatan dan kendaraan tempur milik TNI yang sejauh ini hanya ia lihat dari media.
“Dengan adanya pameran ini saya bisa lihat secara langsung peralatan tempur TNI AL. Karena selama ini saya hanya lihat dari media”, pungkasnya. (Kris)


Komentar Anda?

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here