KARAWANG – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meresmikan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) PT Mitra Desa Bersama Tempuran atau disebut juga PT Mitra Sasaran, Kamis (19/04/2018) disaksikan oleh Bupati Karawang dan jajaran Direksi PT Pupuk Indonesia dan PT Pupuk Kujang. Mitra Sasaran Berlokasi di Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang dengan luas 39.954 meter2 atau hampir 4 hektar.

BUMDes Mitra Sasaran ini merupakan salah satu saluran program kewirausahaan sekaligus peningkatan kesejahteraan petani, yang dikembangkan oleh PT Pupuk Indonesia melalui salah satu anggota perusahaanya yaitu PT Pupuk Kujang .  Harapannya, Mitra Sasaran akan jadi mitra petani dalam berbagai kegiatan produksi tani mereka, seperti proses penyediaan bibit, pupuk, pengajuan Kredit Usaha Rakyat, hingga penjualan hasil tani.

“Kami bertanggung jawab melalui sinergi BUMN, kita bisa membuat satu sistem yang memperbaiki pendapatan petani sehingga kesejahteraan petani meningkat” ujar Rini dalam peresmian program kewirausahaan petani.

BUMDes Mitra Sasaran nantinya juga bakal memiliki fasilitas penggilingan padi, sehingga bisa digunakan oleh para petani. Harapannya, dengan adanya penggilingan ini petani bisa menjual beras yang harganya lebih tinggi jika dibandingkan gabah kering atau basah.

Luas lahan pesawahan yang dikelola oleh para petani di wilayah Rawamerta dan Tempuran mencapai 10.870 hektar dan sanggup memproduksi padi sekitar 7,7 ton per panen

Direktur utama Pupuk Indonesia mengatakan dengan pertumbuhan BUMDes di seluruh Desa khususnya di Rawamerta ini diharapkan petani atau masyarakat desa tidak akan lagi menjual bahan mentah, melainkan adalah olahannya.

“Kami mendukung sepenuhnya atas program pemerintah antara Perusahaan Holding Pupuk Indonesia dengan Kementerian BUMN dan pemerintahan Daerah Karawang, untuk bersama-sama meningkatkan perekonomian para petani khususnya Jawa Barat dengan program BUMDes ini,” tandas Aas Asikin Idat.

PT Pupuk Kujang ditunjuk sebagai salah satu perusahaan yang bertanggung jawab dalam mendukung operasional BUMDes PT Mitra Sasaran. Nugraha Budi Eka Irianto selaku Direktur Utama Pupuk Kujang berharap kehadiran BUMDes Mitra Sasaran kedepan memacu peningkatan ekonomi masyarakat sebagai pasar dari produk lokal serta menghargai produk lokal masyarakat.

“Sebagai perusahaan petrokimia terbesar di Jawa Barat, kami berharap masyarakatnya khususnya Karawang tidak hanya menjadi penonton ditempatnya sendiri, tetapi dengan adanya BUMDes Mitra Sasaran, dapat mengajak mereka sebagai produsen produk lokal sehingga memacu peningkatan ekonomi masyarakat, apalagi Karawang merupakan salah satu wilayah lumbung padi terbesar di Jawa Barat,” ujarnya.

Dalam operasional PT Mitra Sasaran, Pupuk Indonesia  banyak menggandeng mitra demi terciptanya kelancaran transaksional, diantaranya PT Himbara yang diwakili oleh Bank Mandiri dalam pendanaan petani binaan PT Mitra Sasaran, pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui kartu tani termasuk asuransi dan Pupuk Indonesia Pangan sebagai mitra pembeli beras proses Rice Mill dari Mitra Sasaran.

Pada acara peresmian BUMDes Mitra Sasaran, Pupuk Indonesia  mengenalkan Pupuk Indonesia (PI) Mart yang merupakan toko milik Mitra Sasaran, dengan menyediakan produk-produk pertanian diantaranya pupuk, pestisida, benih, beras, LPG, dan semen. Tujuannya memeberikan fasilitas satu pintu kepada petani untuk pemenuhan kebutuhan petani.

Selain kegiatan di lokasi BUMDes Mitra Sasaran, para rombongan Menteri BUMN didampingi Bupati Karawang dan jajaran Direksi Pupuk Indonesia dan Pupuk Kujang melakukan kegiatan Panen bersama di kecamatan Tempuran.

Kemudian ada penyerahan Bantuan CSR dari Pupuk Indonesia  yaitu Bedah Sekolah berupa pembangunan ruang kelas & tambahan MCK untuk SDN Lemah Duhur 2 dan 3. Bantuan CSR ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian Pupuk Indonesia  kepada generasi penerus bangsa, dalam kesempatan tersebut diberika kepada siswa siswi di Kecamatan Tempuran.(red/rls)


Komentar Anda?