Lammpu : HD tanpa ditahan, kami akan laporkan ke Komjak

0
93

INAPOS, CIREBON,- Bebasnya Hera Damayanti (HD) terdakwa kasus penipuan (378) walau telah ditetapkan Pengadilan Negeri (PN) Kota Cirebon, kembali mendapat kecaman dan kini datang dari Lembaga Masyarakat Madani Pemersatu (Lammpu).

“Dengan tidak ditahannya HD walau Hakim meminta HD ditahan sesuai amar putusan, ini bisa menjadi preseden buruk bagi penegakan hukum dinegeri ini. Oleh sebab itu dengan adanya HD tanpa ditahan, kami akan laporkan ke Komisi Kejaksaan dan Jaksa Agung,” tegas Sailan Sr selaku Ketua Umum Lammpu, Sabtu (30/11/2019) ketika dimintai tanggapannya terhadap keputusan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Cirebon yang tidak menahan HD dengan alasan HD mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Bandung.

Menurut Sailan, walau terdakwa mengajukan banding, harus ada penahanan terlebih dahulu.

“Kan ada Undang-undang Rehabilitasi yang berguna ketika terdakwa saat melakukan banding diputus tidak bersalah, maka pihak terkait harus melakukan upaya pembersihan nama baik dan sebagainya. Menjadi pertanyaan besar jika tidak ada penahanan padahal Hakim memerintahkan agar terdakwa ditahan,” jelasnya pula.

Bagi Ketua Umum Lammpu ini, apa yang dilakukan Kejari Kota Cirebon sangat mencoreng penegakan keadilan.

“Jika begitu, semua warga negara yang telah menjadi terdakwa dan mendapat perintah penahanan dari Hakim bisa bebas pada hari vonis pengadilan dengan alasan mengajukan banding. Jika betul aturan bisa begitu, ini harus disosialisasikan agar semua warga dapat keadilan yang sama di mata hukum. Jangan hanya karena HD mempunyai uang dan mempunyai jaringan yang kuat, dia bisa seenaknya seperti itu,” papar Sailan melalui sambungan telepon selulernya.

Diakhir tanggapan, pihaknya akan segera membuat surat kepada Komjak agar memeriksa Kejari Kota Cirebon.

“Segera kita akan laporkan. Bukti amar putusan kita sudah ada dan Kepala Kejari (Kajari) pun sudah mengakui bahwa HD memang tidak ditahan usai putusan PN,” tutupnya.

Sekedar mengingatkan, pada pemberitaan sebelumnya, Kajari Kota Cirebon membenarkan bahwa kepada HD tidak dilakukan penahanan dan apa yang dilakukan Kajari tersebut mendapat sorotan dari banyak pihak.


Komentar Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here