KPAIDS Kota Cirebon Berkomitmen Cegah Penularan HIV AIDS

1
65

KOTA CIREBON.- Sekertaris Komisi Penanggulangan AIDS Kota Cirebon Sri Maryati mengungkapkan, pihaknya bersama Dinas Kesehatan Kota Cirebon berkomitmen untuk terus berupaya mencegah HIV AIDS di Kota Cirebon. Ia meminta peran aktif masyarakat dalam mensosialisasikan bahaya seks bebas yang beresiko terhadap HIV AIDS.

“Kami berkomitmen di tahun 2030 tidak ada lagi penderita baru. Kami dan Dinkes serta masyarakat sama – sama terus menginformasikan bahaya seks bebas,” ujar Sri Maryati usai Peringati Hari AIDS Sedunia di STIKES Muhammadiyah, Jl. Kalitanjung, Senin (2/12/19).
Ia menyebut, data sampai dengan bulan Oktober 2019 pihaknya menemukan 70 kasus penderita baru HIV AIDS. Namun, angka tersebut mengalami penurunan dari tahun 2018 berjumlah 115 kasus.
“Dari data ini, tahun 2019 mengalami penurunan kasus penderita dibanding tahun kemarin,” sebutnya.
Dijelaskan Sri, dari data penyebaran HIV ADIS di Kota Cirebon terbanyak ada di Kecamatan Harjamukti. Tentunya ini tugas bersama untuk terus memberikan informasi tentang pencegahan dan pengobatan bagi penderita HIV AIDS.
“Cirebon kota tujuan pariwisata jadi sangat rentan dengan penularan HIV AIDS,” jelasnya.
Sri menambahkan, penyebaran HIV AIDS di Kota Cirebon terjadi melalui seks bebas dari hetro maupun homoseksual. KPAIDS Kota Cirebon akan terus memberikan informasi pendidikan seks kepada remaja terkait seks beresiko, agar remaja faham akan bahaya melakukan seks pra nikah.
“Kami akan terus berikan penyuluhan terutama bagi kalangan remaja yang ada di Kota Cirebon,” pungkasnya. (Kris)


Komentar Anda?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here