IHW Sosialisasikan Pentingnya Produk Halal di Universitas Jember

2
87

Jember.- Dalam rangka sosialisasi dan edukasi wajib (mandatory) Sertifikasi Halal bagi semua produk yang masuk dan beredar di seluruh Indonesia yang dimulai pada tanggal 17 Oktober 2019 lslu,  Indonesia Halal Watch (IHW) memberikan sosialisasi dan edukasi kepada 900 Mahasiswa Universitas Jember (UNEJ), Jawa Timur, Sabtu (30/11/2019).

Sosialiasi yang diberikan IHW ini juga bertepatan dengan wisuda di Auditorium UNEJ, yang juga dihadiri oleh ratusan orang tua wisudawan dan mahasiswa.

“Selain harus tetap bersemangat dan mengejar opportunity, wisudawan wajib selalu memohon doa kepada ayah dan ibu, sholat 5 waktu, dan selalu bersodaqoh walaupun dengan uang 1000 rupiah,” ujar Direktur Eksekutif IHW, DR. H. Ikhsan Abdullah, S.H., M.H.

Menurut Ikhsan, yang penting para wisudawan juga harus membiasakan hanya mengkonsumsi dan menggunakan produk halal saja, karena produk halal itu disamping bersih, sehat dan juga memberikan kebaikan (welsome). Yang dimaksud produk halal adalah sebagaimana ketentuan Pasal 4 dan Pasal 67 ayat (1) Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

“Sosialisasi halal yang dilakukan IHW ini dalam rangka mendukung implementasi UU JPH dan dimulainya kewajiban sertifikasi halal, maka IHW mengajak semua civitas akademika UNEJ untuk menumbuhkan gaya hidup modern dan di lingkungan milenial, yakni gaya hidup yang hanya mengkonsumsi dan memakai produk halal,” Pintanya.

Pada kesempatan ini, sambung Ikhsan, IHW juga menyampaikan ajakan kepada ribuan mahasiswa yang hadir dari 15 Fakultas dan 103 Program Studi serta Mahasiswa Pasca Sarjana dan Doktoral serta dihadiri Civitas Academemika Universitas Jember agar terus serius untuk melakukan penelitian (research) dalam upaya untuk menemukan bahan baku obat dan vaksin yang saat ini masih didominasi oleh bahan-bahan yang tidak halal.

“UNEJ harus mampu menemukan bahan pengganti (Substitut) yang halal untuk menggantikan bahan yang tidak halal yang selama ini dipergunakan untuk bahan baku obat, vaksin dan kosmetika,” paparnya.

UNEJ juga harus mampu menjawab tantangan Industri dan kebutuhan masyarakat dengan melakukan riset yang kuat dan Unej harus menjadi Universitas Riset Nasional. “Ini tantangan sekaligus peluang baru Unej demi menjawab kebutuhan Penduduk Indonesia yg berjumlah 267 juta jiwa dan 87% nya adalah muslim yang mendambakan makanan minuman obat kosmetika dan barang gunaan halal,” ujarnya.


Komentar Anda?

2 KOMENTAR

  1. Great beat ! I wish to apprentice while you amend your website, how could i subscribe for a blog website?
    The account aided me a acceptable deal. I had been a little
    bit acquainted of this your broadcast provided bright clear concept

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here